DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN MENGGUNAKAN MODEL NHT DENGAN KOMBINASI WORD SQUARE DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS 5 SDN SUNGAI PITUNG BATOLA
PENGARANG:MUHAMMAD ABDILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-30


 

Abdillah, Muhammad. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Materi   Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Menggunakan Model NHT dengan Kombinasi Word Square  dan Snowball Throwing Pada Kelas 5SDN Sungai Pitung Batola. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd.

Kata Kunci: IPS, Number Head Together, Word Square, Snowball Throwing.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tentu membutuhkan sumber daya manusia yang dapat berpikir kreatif dan kritis sehingga tantangan yang mereka hadapi akan terpenuhi. Salah satu ilmu pengetahuan yang paling berpengaruh adalah Ilmu Pengetahuan Sosial. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan pada pelajaran IPS dengan mata pelajaran Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan sehingga hasil belajar siswa rendah di SDN Sungai Pitung Batola Tahun ajaran 2019/2020 diperoleh data siswa dengan  KKM yang ditetapkan 70.

 Hal ini disebabkan siswa kurang kritis, aktif, penyajian materi yang kurang inovatif yang berdampak pada pembelajaran membosankan. Solusinya menggunakan model Number Heads Together dengan Kombinasi Word Square  dan Snowball Throwing Pada Kelas 5.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Sungai Pitung Batola. Penelitian ini dilakukan dengan pendektan kualitatif dan kuantitatif, jenis penelitian yang diambil yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan terakhir meningkat menjadi Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan terakhir berada pada kriteria Sangat Aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pertemuan terakhir terlihat mencapai ketuntasan secara klasikal.

 Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan modelmodelNumber Heads Togetherdengan Kombinasi Word Square  dan Snowball Throwing. Sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran matematika tentang matapelajaran IPS di kelas IV untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI