DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING, MAKE A MATCH DAN MEDIA BENDA KONKRET KELAS IV SDN ANJIR SERAPAT MUARA | |
PENGARANG | : | M RAIHANA IRPAN | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-10-31 |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa danhasil belajar siswa materi macam-macam gaya. Penyebab permasalahan tersebut ialahsiswa belum memiliki sikap ilmiah, siswa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran, dan pembelajaran berlangsung satu arah. Apabila masalah ini terus dibiarkanmakaakanberdampaksiswa nampak tidak aktif dalam pembelajaran, pembelajaran menjadi tidak bermakna, pembelajaran akan menjadi membosankan. Oleh kerena itu, dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitasdanhasilbelajarsiswadalampembelajaranmenggunakanKombinasimodel Inkuiri Terbimbing,Make A MatchdanMedia BendaKonkret.Tujuanpenelitianiniadalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa danmenganalisishasilbelajarsiswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenisPenelitianTindakanKelas(PTK),yangdilaksanakandenganempatkalipertemuan.Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Anjir Serapat Muaratahun2020/2021,jumlahsiswasebanyak15siswa.Datayangdigunakanberbentuk kualitatifdankuantitatif,yangdiperolehhasilobservasiaktivitasgurudanaktivitas siswadan hasil belajaryangdilakukan dengan tes tertulis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.
Hasilpenelitianmenunjukanbahwaaktivitasguru pada setiappertemuan terlaksana dengankategori“Baik” dan“SangatBaik”denganperolehanskor32 meningkatmenjadiskor 46.Aktivitassiswamengalamipeningkatan,pada pertemuan1memperoleh26,66%kriteria“KurangAktif”dan meningkatpada pertemuan 4menjadi100% kriteria “SangatAktif”.Hasilbelajar kognitifsiswa padapertemuan1memperoleh 27%danmeningkatpadapertemuan4menjadi 100%.Hasilbelajarafektif pertemuan 1memperoleh 33% danmeningkatpada pertemuan4menjadi 96%.Begitupula hasilbelajarpsikomotoriksiswa pada pertemuan 1 memperoleh53%dan meningkat padapertemuan 4 menjadi100%.
BerdasarkantemuaninidapatdisimpulkanbahwaKombinasimodel Inkuiri Terbimbing, Make A Match dan Media Benda Konkretdapatmeningkatkan aktivitas dan hasilbelajarsiswasehinggahipotesisdapatditerima.Disarankanmodeltersebutdijadikansalahsatualternatifdalammeningkatkanaktivitassiswayangberdampak pada peningkatanaktivitas danhasilbelajarsiswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI