DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR, KREATIVITAS DAN ASPEK MOTORIK HALUS ANAK MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, PERMAINAN PUZZLE DAN KEGIATAN MELIPAT PADA KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 43 BANJARMASIN
PENGARANG:MERIDA FATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-31


ABSTRAK 

Fatimah, Merida. 2021. Meningkatkan Aktivitas Belajar, Kreativitas Dan Aspek Motorik Halus Anak  Menggunakan Model Explicit Instruction, Permainan Puzzle dan Kegiatan Melipat Pada Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 43 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D 

Kata Kunci :  Aktivitas Belajar, Kreativitas, Motorik Halus,Explicit Instruction, Permainan Puzzle, Kegiatan Melipat. 

 

Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya aktivitas belajar, kreativitas dan kemampuan  motorik halus anak meniru bentuk. Hal ini disebabkan karena pembelajaran hanya satu arah, pembelajaran kurang menarik,  kurangnya kegiatan dalam menstimulasi keterampilan motorik halus.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, kreativitas anak, serta perkembangan motorik halus anak meniru bentuk menggunakan model Explicit Instruction, Permainan Puzzle dan Kegiatan Melipat. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 43 Banjarmasin yang berjumlah 8 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis data secara deskriptif dan cross table, diagram, dan interpretasi persentase.  Indikator keberhasilan dalam penelitian  ini adalah jika aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai kategori “Sangat Aktif”, kreativitas anak mencapai kategori “Sangat Kreatif” dan hasil perkembangan motorik halus anak mencapai kriteria“Berkembang Sangat Baik” (BSB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model Explicit Instruction, Permainan Puzzle dan Kegiatan Melipatpada aktivitas guru terlaksana pada siklus I pertemuan 1 mendapatkan kriteria “Cukup Baik” dan  pada siklus II pertemuan 1 mendapatkan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria “Sebagian Kecil Aktif” dan meningkat pada siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria “Seluruhnya Aktif”, kreativitas anak pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria “Hampir Seluruhnya Belum Kreatif” dan meningkat pada siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria “Seluruhnya Kreatif”, begitu pula pada hasil perkembangan motorik halus anak pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria “Hampir Seluruhnya Belum Berhasil Berkembang” dan meningkat pada siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria “Seluruhnya Berkembang”. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Explicit Instruction, Permainan Puzzle dan Kegiatan Melipat dapat meningkatkan aktivitas belajar, kreativitas dan motorik halus anak di kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 43 Banjarmasin. Saran bagi kepala sekolah, guru serta peneliti lain adalah sebagai alternatif/masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pemilihan dan penggunaan model pembelajaran. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI