DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN BERAS MERAH DAN HITAM TERHADAP ATRIBUT BERAS DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:REDHANA AULIA
PENERBIT:S2 PERTANIAN
TANGGAL:2018-02-26


Penelitian ini mengkaji tentang “Analisis Preferensi Konsumen Beras
Hitam dan Merah Terhadap Atribut Beras Di Kota Banjarbaru”. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen tentang beras merah di
Banjarbaru dan menganalisis preferensi konsumen tentang beras hitam di
Banjarbaru. 
Populasi dari penelitian ini adalah kelompok masyarakat perkotaan di
pusat pusat kebugaran kota Banjarbaru. Penentuan jumlah responden diambil
sebanyak 100 orang, yang terdiri dari 50 orang konsumen beras merah dan 50
orang konsumen beras hitam.
Dari hasil kajian, Preferensi utama yang akan mempengaruhi konsumen
beras merah adalah beras yang dapat dijangkau, mudah dikenal, ukuran 1 kg dan
dengan motif rasa. Tingkat kepentingan atribut harga beras yang memiliki nilai paling
tinggi adalah 30.02%, sementara atribut motif menduduki peringkat kedua sebesar
28,73  %, atribut merk di tempat ketiga sebesar 21,39% sedangkan atribut ukuran di
tempat ke empat sebesar 20.12%.
Preferensi utama yang akan mempengaruhi konsumen beras hitam adalah
beras yang dapat dijangkau, mudah dikenal, ukuran 1 kg dan dengan motif rasa. 
Tingkat kepentingan atribut motif beras yang memiliki nilai paling tinggi adalah
33.94%, sementara atribut harga menduduki peringkat kedua sebesar 29,20%, atribut
merk di tempat ke tiga sebesar 20,53%, sedangkan atribut ukuran di tempat ke empat
sebesar 16.325%. Berdasarkan data tersebut, beras dengan harga yang dapat
dijangkau, dengan merek yang mudah dikenal, ukuran 1 kg dan rasa dapat
menjadi peluang untuk menguasai pangsa pasar lebih besar.  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI