DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Celebrity Worship pada Dewasa Awal Penggemar Industri Hiburan Thailand
PENGARANG:GUSTI NADA JIHAN -231
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-01


Emosi dan kognitif merupakan hal dasar dalam hubungan antara penggemar dan selebritas. Proses emosi dan kognitif yang salah dapat memunculkan celebrity worshipyaitu hubungan parasosial tidak normal bersifat obsesif dan kompulsif terhadap selebritas yang didasari proses absorpsi dan adiktif. Dinamika proses emosi dan kognitif dalam celebrity worship dapat menghasilkan berbagai perilaku negatif dan berpotensi menghambat tugas perkembangan pada masa dewasa awal. Namun, celebrity worshipdiduga dapat berkurang jika individu dapat memahami dan mengatasi emosi yang dirasakan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan celebrity worship. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional secara cross-sectional. Penyebaran skala dilakukan secara daring menggunakan teknik unrestricted self-selected surveys. Sampel pada penelitian ini adalah penggemar industri hiburan Thailand (n = 380) berusia 18-40 tahun dan memenuhi seluruh karakteristik yang telah ditentukan. Alat ukur yang digunakan adalah Celebrity Attitude Scale (CAS) dan Self-Report Emotional Intelligance Test (SREIT) yang diadaptasi melalui proses dari Beaton, dkk. (2000). Analisis data menggunakan uji korelasi product moment dari Karl Person menunjukkan korelasi sebesar 0,420 (p < 0,05), yang berarti terdapat hubungan positif antara kedua variabel. Hasil uji korelasi tersebut mengungkapkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi celebrity worshippada dewasa awal penggemar industri hiburan Thailand. Penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity worshiptidak selalu berhubungan dengan perilaku negatif.

Kata kunci: Dewasa awal, celebrity worship, kecerdasan emosional

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI