DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA KEBERSYUKURAN DENGAN ACADEMIC HARDINESS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI DI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN ULM
PENGARANG:GUSTI ERNAWATI -349
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-01


 

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang dalam proses penyelesaian skripsi rentan mengalami stress. Academic hardiness adalah salah satu karakteristik penting yang dapat menjaga individu dari efek stres yang merusak (distress). Academic hardiness dapat ditingkatkan dengan menimbulkan emosi-emosi positif dalam diri mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebersyukuran dengan academic hardiness pada mahasisiwa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi di Program Studi Psikologi FK ULM. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh sehingga diperoleh 190 mahasiswa sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan skala kebersyukuran dari Grimaldy dan Haryanto (2020) dan skala academic hardiness dari Benishek dkk. (2005). Metode analisis yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil analisis menunjukkan (r = 0,418), ada hubungan yang positif antara kebersyukuran dengan academic hardiness pada mahasisiwa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi di Program Studi Psikologi FK ULM, semakin tinggi skor kebersyukuran mahasiswa menunjukkan skor academic hardiness yang tinggi, dan sebaliknya, semakin rendah skor kebersyukuran maka semakin rendah skor academic hardiness. Nilai korelasi (r = 0,418) menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel berada pada kategori sedang. Nilai r2 (0,418) = 0,175 menunjukkan sumbangan efektif kebersyukuran terhadap academic hardiness sebesar 17,5%, sedangkan 82,5% merupakan sumbangan dari faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Kebersyukuran, academic hardiness, mahasiswa tingkat akhir

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI