DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN MEDIA BENDA KONKRET DI KELAS IV SDN TINGGIRAN BARU 4
PENGARANG:NORIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-01


ABSTRAK

 

 

Norifah. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Teams Games Tournament (TGT) dan Media Benda Konkret Di SDN Tinggiran Baru 4.Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Muhsinah Annisa, S. Si., M.Pd.

 

KataKunci:Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning
                     
Teams Games Tournament, Media Benda Konkret.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendah aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap materi hubungan gaya dan gerak. Penyebabnya prosespembelajaran masih berpusat pada guru saja sehingga para siswa menjadi pasif, selain itu pembelajaran kurang bermakna dan cenderung membosankan serta kerjasama pada kegiatan berkelompok masih belum terlihat dalam mengatasai permasalahan diatas adalah melakukan pembelajaran menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Teams Games Tournaments Dan Media Benda Konkret. Tujuan dari penelitianiniadalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajarsiswapada kelas IV SDN Tinggiran Baru 4.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tinggiran Baru 4. Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 12 siswa.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai 29 kriteria Baik dan pertemuan IV memperoleh 35 “Sangat Baik.  Untuk aktivitas siswa pada pertemuan I sebanyak 42% kriteria “Kurang Aktif“ dan pertemuan IV memperoleh presentasi 92% kriteria “Sangat Aktif“. Hasil belajar peserta didik yang memenuhi ketuntasan pada pertemuan I sebanyak 25% pertemuan II 58%, Pertemuan  III 67% dan pertemun IV sebanyak 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwakombinasi modelProblem Based Learning, Teams Games Tournaments Dan Media Benda Konkretdapat Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model dan media tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI