DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DILENGKAPI MODEL TALKING STICK/MAKE A MATCH PADA MUATAN IPS TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI
PENGARANG:MUHAMMAD HAFIDZ ANSHARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-01


Anshari, Muhammad Hafidz. 2021. “Analisis Komparatif Penerapan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), Dilengkapi Model Talking Stick/Make A Match Pada Muatan IPS Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar Negeri”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H.Ahmad Muhyani Rizalie,M.Si.

 

Kata Kunci : Analisis Komparatif, Covid-19, Group Investigation, Numbered Heads Together, Talking Stick, Make A Match.

 

Peneliti menemukan beberapa permasalahan umum pada sekolah-sekolah yang terjadi pada daerah Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala yang salah satu sekolah tersebut memiliki permasalahan berupa siswanya sulit untuk aktif di kelas, enggan ataupun malu dalam menggungkapkan pendapatnya dikelas, serta sulitnya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar pada siswa. Adapun juga, permasalahan pada sekolah lainnya yang ditemukan berupa kurangnya sarana dan prasarana sekolah sehingga guru menjadi kesulitan dalam mempersiapkan pembelajaran dikelas. Hal ini dari beberapa permasalahan umum yang terjadi pada wilayah tersebut akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa di daerah Barito Kuala. Maka dari itu, dari kedua permasalahan umum pada sekolah-sekolah yang terjadi di daerah Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala diperlukan sebuah solusi dalam menyelesaikan kedua permasalahan tersebut dengan melakukan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dari 2 kasus tersebut juga berhasil diatasi setelah dilakukannya berupa kegiatan PTK tersebut oleh peneliti lain.

Penelitianinibertujuanuntukmenganalisissecaramendalamaktivitasguru,aktivitassiswa,danhasilbelajardalampenerapankombinasimodelGroupInvestigation, Numbered Heads Together dilengkapi model Talking Stick dan Make A Match. Metode yang digunakan untuk menjalani penelitian ini ialah deskriptif komparatif. Jenis penelitian yangdigunakanyaitustudidokumentasiyangmenggunakanbahananalisisberupa  PTKoleh Husnul Khatimahdan Rizkiya Azizaturridha. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kombinasi model GroupInvestigation,NumberedHeadsTogetherdilengkapi model Talking Stick dan Make A Matchdapatmeningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada keduabuah skripsi. Pada skripsi 1 aktivitas guru dan mendapatkan skor maksimal 93,75pada siklus IV dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan klasikalmaksimal 94,69% pada siklus IV dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswamendapatkan klasikal maksimal 94,59% pada siklus IV dengan kriteria sangat baik.Padaskripsi2aktivitasgurumendapatkanskormaksimal97%padasiklusIVdengankriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan klasikal maksimal 84% padasiklus IV dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa mendapatkan klasikalmaksimal96%padasiklus IV dengan kriteriasangat baik. Dengan demikian berdasarkan temuan ini dapat ditarik kesimpulan bahwaaktivitas guru skripsi 2 hasil presentase lebih tinggi dibanding skripsi 1. Aktivitas siswa skripsi 1hasil presentase lebih tinggi dibanding skripsi 2. Hasil belajar ranah kognitif skripsi 2 hasil presentase lebih tinggi dibanding skripsi1, ranah afektif skripsi 2 hasil presentase lebih tinggi dari skripsi 1, dan psikomotorik skripsi 1 hasil presentase lebih tinggi dari skripsi 2.

Aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dilengkapi model Talking Stick/Make A Match pada muatan IPS Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita pada dua buah skripsi telah terlaksana sesuai dengan harapan dan efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.

Berdasarkan temuan pada dua buah skripsi diketahui bahwa  aktivitas siswa telah mengalami peningkatan secara perlahan menuju lebih baik dikarenakan guru dapat memperbaiki  kualitas pembelajaran di kelas dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif. Sehingga dari kedua buah dapat dilihat bahwa keduanya berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa dikelas dengan sangat baik. Adapun juga temuan pada dua buah skripsi diketahui dari hasil belajar juga mengalami peningkatkan dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI