DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERVISI SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MINYAK BUMI KELAS XI MIPA MAN 2 MODEL BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2019/1020
PENGARANG:DWI DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-01


Abstrak. Tujuan riset ini adalah agar diketahui perbandingan keterampilan berpikir kritis, hasil belajar dan respon peserta didik sesudah mengimplementasikan model problem based learning bervisi SETS. Materi yang digunakan adalah minyak bumi. Sampel diambil dari mempergunakan teknik purposive sampling dengan metode quasi experiment berdesain equivalent pretest-posttest control grup design. Kelas eksperimen mengaplikasikan model problem based learning bervisi SETS, sementara kelas kontrol mengaplikasikan model ekspositori. Teknik analisis data berupa analisis deskrptif dan inferensial menerapkan uji-t.Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Hasil riset memperlihatkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) terdapat perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) respon peserta didik terhadap model problem based learning bervisi SETS sangat positif.

 

Kata kunci:problem based learning, SETS, keterampilan berpikirkritis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI