DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN SERTA MASYARAKAT KABUPATEN BALANGAN DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI BANTARAN SUNGAI
PENGARANG:MUHAMMAD RASID RIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-02


RINGKASAN

 

Muhammad Rasid Rida.2021.Peran Serta Masyarakat Kabupaten Balangan Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Bantaran Sungai. Pembimbing : Prof. Dr. Ir. Hj. Emmy Sri Mahreda, M.P; Dr. Hafizianor, S.Hut.,M.P; Dr. Rizqi Puteri Mahyudin,S.Si.,M.S

Baanjarbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan sampah rumah tangga di bantaran sungai, Peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga di bantaran sungai dan menganalisis faktor yang mempengaruhi pengelolaan sampah rumah tangga di bantaran sungai dan peran serta masyarakat di Kabupaten Balangan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan sosial kuantitatif, metode sosial kuantitatif adalah motode penelitian sosial yang mengutamakan pendekatan matematis dengan menggunakan perhitungan dan tabulasi dalam pengolahan data. Terhadap 62 responden menggunakan slovin yaitu masyarakat yang berada di bantaran sungai di Kabupaten Balangan pada bulan juni 2021, pengambilan sampel di tiga desa secara  proportionate random sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dianalisis menggunakan uji Regresi linear sederhana.

Berdasarkan hasil analisis  di tiga desa  bahwa Pengelolaan sampah sudah dilaksanakan dengan baik dan masyarakat  berperan aktif  dalam meminimalisir banyaknya sampah yang tidak terkendali dibantaran sungai dan juga setiap desa memiliki tong sampah disetiap halaman  depan rumah sehingga masyarakat sudah sangat berperan aktif  terhadap pengelolaan sampah di lingkungannya. Berdasarkan analisis peran serta masyarakat bahwa rata-rata responden menjawab berperan dilihat dari hasil jawaban setiap responden yang mana variabel Masyarakat 82.13 % dan variabel Pengelolaan 78.10 %. Dilihat dari hasil perhitungan kuesionar berdasarkan tabel 3.3 bahwa masyarakat sudah berperan terhadap lingkungannya. Berdasarkan hasil uji T dapat di ketahui bahwa masyarakat memperoleh nilai t hitung sebesar 3.626 dengan tingkat signifikansi 0.001. Hal ini menunjukan bahwa tingkat signifikansi masyarakat lebih kecil dari 0.1 , maka secara statistik pengaruh yang sangat  besar atau dikatakan bahwa ada pengaruh signifikan masyarakat terhadap pengelolaan sehingga hepotesis di terima. Berdasarkan perhitungan uji regresi dapat diketahui bahwa nilai t hitung 3.626 > t tabel 1.67065 sesuai dengan kriteria jika t hitung > t tabel maka terdapat pengaruh positif signifikan masyarakat terhadap pengelolaan. Dari hasil pembahasan dan  analisis serta merujuk pada tujuan penelitian, peran serta masyarakat Kabupaten Balangan dalam pengelolaan sampah rumah tangga di bantaran sungai yaitu : Sistem pengelolaan sampah di tiga Desa dilakukan dengan baik dalam meminimalisir banyaknya sampah di bantaran sungai, yaitu dengan memilah sampah organik dan anorganik. Sampah yang bisa dimanfaatkan akan dikelola dan yang tidak bisa dimanfaatkan akan dibuang ke TPA.Peran serta masyarakat terhadap pengelolaan sampah di bantaran sungai Kabupaten Balangan termasuk kategori berperan.  Faktor internal yang mempengaruhi peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah di bantaran sungai Kabupaten Balangan adalah Pendidikan, usia, pekerjaan, pendapatan dan faktor eksternal adalah  Kebijakan pemerintah Kabupaten Balangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI