DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA DINAS SOSIAL KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT DALAM SISTEM LAYANAN DAN RUJUKAN TERPADU (SLRT) SEBAGAI UPAYA PENANGANAN MASYARAKAT PRASEJAHTERA
PENGARANG:YUNITA FAUZIA AFFIANY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-02


Yunita Fauzia Affiany, 1710413220033, Kinerja Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat dalam Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) sebagai Upaya Penanganan Masyarakat Prasejahtera. Di bawah bimbingan Ellisa Vikalista.

            Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kinerja instansi pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kinerja Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat dalam Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) sebagai upaya penanganan masyarakat prasejahtera.

            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yang menghimpun data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisa data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian ini menunjukan terbangunnya kinerja yang baik terhadap pelayanan kepada masyarakat dalam Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat. Untuk mengetahui kinerja Dinas Sosial Dalam Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) maka digunakan 6 (enam) indikator yaitu Produktivitas, pada pelayanan yang diberikan terdapat alur pelayanan yang mudah dan cepat serta tidak ada biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat, kemudian Kualitas Pelayanan dalam hal ini telah tersedia layanan yang baik, dari ruang tunggu yang nyaman serta akses penunjang yang lain juga telah tersedia untuk dapat digunakan oleh pengguna layanan, selanjutnya Responsivitas pada pelaksanaannya layanan yang tersedia telah menyesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat, kemudian Responsibilitas pada pelaksanaanya petugas yang tersedia telah menjalankan tugasnya sesuai dengan standar yang berlaku, serta mampu bersikap baik dan memberikan kenyamanan terhadap pengguna layanan, dan yang terakhir Akuntabilitas yang pada pelaksanaanya juga telah dilakukan pelayanan secara bertanggung jawab serta sesuai dengan peraturan yang berlaku.

            Saran untuk Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat diharapkan terus memberikan inovasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat melalui upaya penyediaan layanan secara Online agar memudahkan masyarakat sehingga dapat memberikan pelayanan secara maksimal.

Kata Kunci: Kinerja, Dinas Sosial, Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI