DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI NAFKAH RUMAH TANGGA PETANI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TIPE PLASMA DI DESA KAMPUNG BARU KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:AGUS TRILAKSONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-02


Penelitian ini membahas tentang petani perkebunan kelapa sawit tipe plasma di Desa Kampung Baru, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut dalam memenuhi kehidupan berkelanjutan menggunakan strategi nafkah rumah tangga petani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi nafkah rumah tangga petani kelapa sawit tipe plasma dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga sehari-hari atau mendatang. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan berdasarkan hasil observasi, jawaban responden melalui angket/kuesioner, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh petani kelapa sawit tipe plasma yang berjumlah 25 orang. Teknik pengolahan data yang digunakan terdiri dari editing, coding, scoring, dan tabulating kemudian dianalisis dengan rumus persentase.

Hasil dari penelitian ini yaitu strategi nafkah rumah tangga petani kelapa sawit tipe plasma di Desa Kampung Baru, Kecamatan Pelaihari berasal dari struktur nafkah dari sektor pertanian/onfarm dan Sektor diluar pertanian/nonfarm. Sektor pertanian mendominasi penghasilan petani kelapa sawit tipe plasma, sedangkan petani yang memiliki penghasilan tambahan diluar sektor pertanian hanya 36%.Penggunaan strategi modal nafkah juga digunakan petani kelapa sawit tipe plasma yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup dan pemenuhan kebutuhan rumah tangga petani dalam kehidupan sehari-hari atau yang akan datang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI