DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MENEMPEL DENGAN TEPAT MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, METODE DRILL DAN TEKNIK MOZAIK PADA TK MELATI KELOMPOK B
PENGARANG:NORLATIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-02


Penelitian ini dilatarbelakangi padarendahnya perkembangan aspek motorik halus dalam menempel dengan tepat. Hal tersebut disebabkan  pembelajaran disekolah lebih sering menggambar dan mewarna, media yang digunakan kurang bervariasi, kurangnya semangat belajar anak, dan pembelajaran yang bersifat satu arah yang menyebabkan anak kurang terlibat secara langsung.Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan kombinasi model explicit instruction, metode drill dan teknik mozaik.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan aspek motorik halus dalam pembelajaran menempel dengan tepat.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis yang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Objekdalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Melati Babirik kab. Hulu Sungai Utara yang berjumlah 6 orang anak. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif.  Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan motorik anak. Indikator keberhasilan dalam penelitian  ini adalah jika aktivitas guru mencapai kriteria baik capaian skor 22, aktivitas anak mencapai kriteria aktif capaian skor 81%, dan hasil perkembangan motorik halus anak secara individual mencapai bintang «««« (BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model explicit instruction, metode drill dan teknik mozaik dapat meningkatkan aktivitas guru pada pertemuan pertama mendapatkan skor perolehan 17 dan dan terus meningkat sampai pertemuan 3 mendapatkan perolehan skor 27dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak pada pertemuan 1 ketuntasan mencapai 33,33% anak yang berhasil dan terus meningkat sampai pertemuan 3 mencapai 100% anak yang berhasil, dengan kriteria “ Sangat Aktif”. pada hasil pencapaian perkembangan motorik halus pada pertemuan 1 ketuntasan mencapai 33,33% anak yang berhasil dan terus meningkat sampai pertemuan 3 mencapai 100% anak yang berhasil, dengan kriteria«««« (BSB).

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan model explicit instruction, metode drill dan teknik mozaikdapat meningkatkan aktivitas belajar di TK Melati kelompok B Sungai Dalam Kec. Babirik dalam kegiatan menempel dengan tepat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI