DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DALAM MENYEBUTKAN SIMBOL-SIMBOL HURUF MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING , METODE DRILL DENGAN MEDIA KARTU HURUF DAN KATA PADA KELOMPOK B TK ISLAM AL-MUHAJIRIN BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:WINDI AGNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-03


ABSTRAK

Agnisa, Windi. 2021 “Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Dalam Menyembutkan Simbol-Simbol Huruf Menggunakan Kombinasi Model Student Facilitator And Explaining, Metode Drill Dengan Media Kartu Huruf Dan Kata Pada Kelompok B Tk Islam al-Muhajirin Banjarmasin’’ . Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini FKIP ULM. Dosen

Kata kunci :

pembimbing Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd.

Bahasa, Menyebutkan simbol-simbol Huruf Menggunakan Kombinasi Model Student Facilitator and explaining, Metode Drill dengan Media Kartu Huruf Dan Kata

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan mengembangkan kemampuan Bahasa dalam menyebutkan simbol-simbol huruf menggunakan kombinasi, Model facilitator and explaiining, metode Drill dengan Media Kartu Huruf Dan Kata. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Islam Al Muhajirin yang berjumlah 8 anak .

Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data yang dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil ini menunjukkan bahwa tingkat mengembangkan kemampuan menyebutkan simbol-simbol huruf di kelompok B TK Islam Al Muhajirin. Sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas yaitu anak dapat menyebutkan simbol-simbol huruf sebesar 43%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menggunakan, Model Student facilitator and explaiining Metode Drill dengan media kartu huruf dan kata.

pada proses pembelajaran meningkatkan kemampuan menyebutkan simbol-simbol huruf diperoleh hasil aktivitas Guru yaitu Pertemuan I menjadi 57%, Pertemuan II meningkat menjadi 78% dan Pertemuan III meningkat menjadi 92%. Hasil aktivitas Anak yaitu Pertemuan I menjadi 12,5%, Pertemuan II meningkat menjadi 75% dan Pertemuan III meningkat menjadi 87,5% dan hasil pencapaian perkembangan Bahasa yaitu Pertemuan I menjadi 0%, Pertemuan II meningkat menjadi 50% dan Pertemuan III meningkat menjadi 87,5%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian.

Kesimpulan penelitian ini adalah Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Dalam Menyembutkan Simbol-Simbol Huruf Menggunakan Kombinasi Model Student Facilitator And Explaining, Metode Drill Dengan Media Kartu Huruf Dan Kata Pada Kelompok B Tk Islam al-Muhajirin dan hipotesis penelitian ini dapat diterima. Dengan ini diharapkan guru dapat menggunakan sebagaoi upaya dalam melakukan perbaikan dan capaian perkembangan bahasa anak dalam menyabutkan simbol-simbol huruf dengan benar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI