DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TATANAN RUMAH TANGGA (Studi Eksperimental di Posyandu Bunga Rampai dan Ulin Permai dalam Wilayah Kerja Puskesmas Guntung Manggis)
PENGARANG:Milda Anniā€™mah
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-02-26


Latar Belakang: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masih banyak menimbulkan masalah terhadap kesehatan. Salah satu penyebabnya adalah kurang pengetahuan dan sikap. Untuk meningkatkan itu maka diperlukan salah satu upaya atau kegiatan yaitu pendidikan kesehatan.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang PHBS tatanan rumah tangga di Posyandu Bunga Rampai dan Ulin Permai dalam wilayah kerja Puskesmas Guntung Manggis.
Metode: Penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi sebanyak 40 responden pada ibu yang mempunyai balita yang menghadiri kegiatan Posyandu Bunga Rampai dan Ulin Permai dalam wilayah kerja Puskesmas Guntung Manggis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner pengetahuan dan sikap tentang PHBS tatanan rumah tangga.
Hasil: Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang PHBS tatanan rumah tangga dengan p value=0,00, dan ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap ibu tentang PHBS tatanan rumah tangga dengan p value=0,00.
Diskusi: Pendidikan kesehatan tentang PHBS tatanan rumah tangga perlu lebih ditingkatkan untuk mengubah perilaku hidup sehat kearah yang lebih baik.
Kata kunci: Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Sikap, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI