DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL SNOWBALL THROWING, SCRAMBLE DAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS V SDN JAMBU HULU MUKA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:IKRIMA JANNATU TSURAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-03


ABSTRAK 

Jannatu, Ikrima Tsuraya. 2021. Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Menggunakan Kombinasi Model Snowball Throwing, Scramble dan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas V di SDN Jambu Hulu Muka Kabupaten Hulu Sungai Selatan . Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing Dessy Dwitalia Sari, S.Pd,. M.Pd. 

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Keterampilan Menulis Pantun, Snowball Throwing, Scramble dan Media Kartu Kata.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah keaktifan siswa yang masih rendah, penguasaan materi dan keterampilan menulis pantun kurang serta hasil belajar siswa rendah dalam pembelajaran karena disebabkan oleh proses pembelajaran kurang bervariatif, suasana belajar kurang menyenangkan dan proses pembelajaran hanya terfokus pada guru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan menulis pantun dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan kombinasi model snowball throwing, scramble dan media kartu kata.  

 Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Jambu Hulu Muka tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis pantun. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. Analisis data teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan menulis pantun, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai skor 21 (Baik), pertemuan II mencapai skor 26 (sangat baik), pertemuan III mencapai skor 26 (sangat baik), dan pertemuan IV mencapai skor 27 (sangat baik). Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 50% (cukup aktif), pertemuan II mencapai 72,7% (aktif), pertemuan III mencapai 90,9% (sangat aktif), dan pertemuan IV mencapai 100% (sangat aktif). Keterampilan menulis pantun pada pertemuan I mencapai 63,6% (Terampil), Pertemuan II mencapai 77,3% (Terampil), pertemuan III mencapai 95,4% (Sangat Terampil) dan pertemuan IV 100% (Sangat Terampil). Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 50%, pertemuan II mencapai 72,7%, pertemuan III mencapai 90,9%, dan pertemuan IV mencapai 100%.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model snowball throwing, scramble dan media kartu kata dapat meningkatkan aktivitas  guru, aktivitas siswa, keterampilan menulis pantun dan hasil belajar siswa. Disarankan jika menggunakan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternative dalam meningkatkan keterampilan menulis pantun yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI