DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, PICTURE AND PICTURE DAN MIND MAPPING SISWA KELAS V SDN TELAWANG 1 BANJARMASIN
PENGARANG:MARDIATU RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-03


Rahayu, Mardiatu. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Siklus Air Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Picture and Picture dan Mind Mapping Siswa Kelas V SDN Telawang 1 Banjamasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd.I.,M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar Siswa, Inkuiri terbimbing, Picture and Picture dan Mind Mapping

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran bersifat satu arah, siswa belum terlatih dalam menggali informasi, rendahnya aktivitas belajar siswa, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM)yang ditetapkan yaitu KKM ≥70. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa muatan IPA pada kelas V SDN Telawang 1 Banjarmasin peneliti menggunakan kombinasi modelInkuiri Terbimbing, Picture and Picture dan Mind Mappingdengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswadan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN Telawang 1 Banjarmasin yang berjumlah 12 siswa terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan pada semester II tahun 2020/2021. Data kualitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data dapat dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I sampai siklus III meningkat. Siklus I mencapai kriteria baik, siklus II mencapai kriteria baik dansiklus III mencapai kriteria sangat baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I kognitif 42%, afektif 33%, psikomotorik 33%, siklus II kognitif  58%,  afektif  58%,  psikomotorik  50% dansiklus  III  kognitif83%, afektif 92%, psikomotorik 92%

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Inkuiri Terbimbng, Picture and Picture dan Mind Mappingdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Siklus Air di kelas V SDN Telawang 1 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Picture and Picture dan Mind Mapping ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran di kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI