DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN KEJADIAN DEMAM TIFOID PADA ANAK DI RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA
PENGARANG:Norjannah
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-02-26


Latar Belakang: Tingginya kasus demam tifoid tidak terlepas dari faktor risiko yang merupakan predisposisi terjadinya demam tifoid berhubungan erat dengan pengetahuan ibu.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan orang tua dengan kejadian demam tifoid pada anak di RSUD Ratu Zalecha Martapura.
Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain pendekatan cross sectional, responden penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 56 orang.
Hasil: Tingkat pengetahuan orang tua pasien tentang demam tifoid di ruang anak pengetahuan kurang sebanyak 23 orang (41,1%), cukup sebanyak 22 orang (39,3%), baik sebanyak 11 orang (19,6%), kejadian demam tifoid berulang sebanyak 29 orang (51,8%) dan tidak berulang sebanyak 27 orang (48,2%). Hasil analisis uji chi square test menunjukkan nilai p = 0,001, p < α (0,05) terdapat hubungan tingkat pengetahuan orang tua dengan kejadian demam tifoid.
Diskusi: Tingkat pengetahuan kurang mempunyai peluang lebih besar menderita demam tifoid anak dibandingkan orang yang memiliki tingkat pengetahuan baik menangani demam tifoid.
Kata-kata kunci: anak, kejadian demam tifoid, tingkat pengetahuan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI