DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI PERMAINAN DAN MEDIAAUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SIMPANG EMPAT TANAH BUMBU
PENGARANG:JAVA ANJARRIO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-04


ABSTRAK

 

JAVA ANJARRIO, NIM 161012210002, 2020, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar  Senam Lantai Guling Depan Melalui Permainan Dan Media Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Empat Tanah Bumbu. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing  (1) Sofyan (2) Eka Purnama Indah.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar keterampilan senam lantai guling depan dengan menggunakan metode permainan dan media audio visual pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Empat Tanah Bumbu. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen dalam satu siklus yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengambilan data diperoleh melalui pengamatan  pada saat waktu proses belajar mengajar berlangsung.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Empat Tanah Bumbu tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 27 orang, yang terdiri dari 13 anak laki–laki dan 14 anak perempuan.

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil pada siklus I yaitu belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kesalahan dan kekurangan pada siklus I dievaluasi, dan disempurnakan pada siklus ke-II dan hasil yang didapat meningkat lebih  pesat dari yang didapat pada siklus I. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan dilakukan analisis dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan senam lantai guling depan melalui metode pendekatan permainan dan media audio visual meningkat sesuai dengan yang diharapkan.

 

 

Kata Kunci : Senam Lantai Guling Depan; Pendekatan Permainan; Media Audio Visual. JAVA ANJARRIO. NIM 161012210009

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI