DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN PEMADAM KEBAKARAN DI KOTA BANJARMASIN TAHUN 1997-2019
PENGARANG:ZHUMADI KHAIR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-05


ABSTRAK

Zhumadi Khair, (1610111210026). 2021. Perkembangan Pemadam  Kebakaran di Kota Banjarmasin (1997-2019)  Pembimbing  I : Dr. Syaharuddin, S.Pd., M.A., dan Pembimbing II : Melisa Prawitasari, M. Pd.

Tingkat kepadatan, kerapatan dan bahan utama rumah dari kayu oleh penduduk kota Banjarmasin berpengaruh terhadap tingkat kebakaran permukiman yang terjadi selama ini yang mengancam keselamatan manusia dan harta benda. Kondisi ini memunculkan partisipasi masyarakat melalui pembentuk organisasi Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) secara mandiri (swadaya) masyarakat di kota Banjarmasin. Keberadaan BPK Swadaya sangat membantu pemerintah dalam pelayanan publik, khususnya dalam penanganan musibah kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan Barisan Pemadam Kebakaran Swadaya di Kota Banjarmasin tahun 1997-2019.

Penelitian ini dilakukan melalui metode sejarah. Tahap pertama pengumpulan sumber dilakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan (wawancara). Studi pustaka melalui penggalian data-data tertulis baik yang bersifat primer maupun sekunder (buku dan jurnal). Setelah data terkumpul dilakukan kritik sumber untuk mengetahui tingkat keasliannya.  Selanjutnya data diinterpretasi dan diakhiri dengan penulisan (tahap historiografi).

Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi masyarakat terhadap pendirian BPK swadaya di kota Banjarmasin mengalami peningkatan. BPK swadaya tahun 1999-2000 berjumlah 83 unit dan 3,067 anggota. Mengalami peningkatan pada tahun 2018-2019 menjadi  285 unit dan 6,924 angota.  Peran BPK swadaya sangat membantu pemerintah dalam pelayanan publik khususnya dalam mengatasi kebakaran permukiman. Peran BPK swadaya kota Banjarmasin dalam mencegah kebakaran permukiman warga sebagai dukungan terhadap Pemerintah Kota Banjarmasin dalam memberikan pelayanan publik perlu mendapat apresiasi (appreciate) dan dukungan (support) baik moril maupun materil agar keterlibatan masyarakat terhadap bencana kebakaran dapat terus ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya.

Kata kunci : Bencana kebakaran, BPK swadaya, pelayanan publik, Kota Banjarmasin

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI