DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR, MOTIVASI DAN ASPEK MOTORIK KASAR DALAM MELAKUKAN KOORDINASI GERAK KAKI, TANGAN, KEPALA MENGGUNAKAN MODEL EMBER PADA KEGIATAN GERAK DAN LAGU KELOMPOK B2 RA DATU ABULUNG BANJARMASIN
PENGARANG:RIZQIA NURKHALIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-05


Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini rendahnya aktivitas belajar, motivasi dan capaian perkembangan motorik kasar dalam melakukan koordinasi gerak kaki, tangan, kepala. Hal ini disebabkan karena kurangnya keterlibatan anak aktif dalam kegiatan motorik kasar yang dilakukan, Pembelajaran tidak menarik, Pembelajaran tidak bermakna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi belajar anak serta perkembangan motorik kasar dalam melakukan koordinasi gerak kaki, tangan, kepala menggunakan model EMBER pada kegiatan gerak dan lagu.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dikelompok B2 RA Datu Abulung Banjarmasin dengan jumlah anak sebanyak 6 orang yang terdiri dari dari 4 anak orang laki-laki dan 2 anak perempuan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar-lembar observasi aktivitas guru dan anak yang diambil pada proses pembelajaran. Analisis data secara deskriptif kualitatif dalam bentuk cross tabel, diagram dan interpretasi menggunakan persentase. Keberhasilan penelitian adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas anak rata-rata kelas mencapai kriteria “Hampir Seluruh Anak Aktif”, motivasi anak mencapai kriteria “Hampir Seluruh Anak Termotivasi”dan hasil pengembangan anak minimal bintang ««« berkembang sesuai harapan (BSH).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 21 kriteria “Baik” dan dipertemuan 3 memperoleh skor  28 dengan kriteria “Sangat Baik” .2) aktivitas anak pada pertemuan 1 memperoleh 33,33%  dengan kriteria “Sebagian Kecil Anak Aktif ” dan dipertemuan  3 memperoleh skor 83,33%. Dengan kriteria “Hampir Seluruh Anak Aktif” 3) motivasi belajar pertemuan I diperoleh 50% dengan kriteria “Sebagian Anak Termotivasi” dan dipertemuan ke 3 memperoleh  83,33% dengan kriteria “Hampir Seluruh Anak Termotivasi” 4) hasil perkembangan motorik kasar pada pertemuan I hanya 2 anak yang berkembang dan 4 anak belum berkembang pada pertemuan ke III menjadi 5 anak berhasil berkembang 1 mendapat ««« (BSH) dan 4 anak mendapatkan (BSB). ««««(BSB).

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model EMBER (Explicit Instruction Numbered Head Together) pada kegiatan Gerak dan Lagu kelompok B2 RA Datu Abulung Banjarmasin dalam melakukan koordinasi gerak kaki, tangan, kepala mengalami perkembangan aktivitas belajar, motivasi dan hasil perkembangan yang optimal dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru dan kepala sekolah serta peneliti lain adalah sebagai alternatif masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI