DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MENARA HITUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 3c SDLB NEGERI PUALAM SARI TAHUN AJARAN 2016/2017
PENGARANG:Hernawati
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-25


Kata-kata Kunci: Media Menara Hitung, Prestasi Belajar Anak Tunagrahita Ringan.
Berdasarkan hasil observasi kelas dan kajian dokumentasi RPP serta nilai Matematika dalam hal penjumlahan dan pengurangan siswa di SDLB Negeri Pualam Sari Binuang kelas 3, guru dalam menyampaikan materi khususnya materi pelajaran Matematika lebih sering menggunakan gambar dan dan media pembelajaran yang tidak menarik serta ceramah. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penggunaan media Menara Hitung terhadap prestasi belajar matematika anak tunagrahita ringan kelas 3 SDLB Negeri Pualam Sari tahun ajaran 2016/2017”
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menguji ada tidaknya pengaruh penggunaan media Menara Hitung terhadap prestasi belajar matematika anak tunagrahita kelas 3C SDLB Negeri Pualam Sari.. 2) untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata prestasi belajar matematika anak tunagrahita kelas 3C SDLB Negeri Pualam Sari antara sebelum dan sesudah mendapat perlakuan dengan menggunakan media Menara Hitung. Penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian disini yaitu seluruh siswa kelas 3C SDLB Negeri Pualam Sari tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 2 orang anak. Teknik pengumpulan data prestasi belajar matematika anak tunagrahita dengan menggunakan tes tertulis dengan bentuk tes obyektif. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif ini menggunakan statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan media menara hitung dalam pembelajaran ini berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika anak tuna grahita kelas 3 SDLB Negeri Pualam Sari Binuang tahun ajaran 2016/2017, Bisa dilihat dari nilai Pretest dengan nilai rata – rata 25 dengan nilai tertinggi adalah 30 dan terendah adalah 20 sedangkan setelah diberikan perlakuan ( tretment ) dengan nilai rata – rata 75 nilai tertinggi 80 dan terendah adalah 70. Media menara hitung ini berpengaruh dalam proses belajar siswa karena pada media yang peneliti gunakan termasuk salah satu media yang efektif yang dapat menampilkan benda.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI