DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS DAMPAK POLA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT)
PENGARANG:INA MUZRIKAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-05


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dampak pola pembelajaran pada prestasi belajar kasus mahasiswa penerima bantuan beasiswa bidikmisi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini adalah studi kuantitatif dengan menggunakan desain metode deskriptif. Subjek penelitian menggunakan 304 mahasiswa  penerima beasiswa Bidikmisi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Uji digunakan diantaranya uji validitas, dan reliabilitas. Prosedur bermacam-macam informasi dengan memanfaatkan survei atau polling dan dokumentasi. Strategi pemeriksaan informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana, regresi linier berganda dan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan analisis korelasi pola belajar sebesar  0,051 atau 5,1% terhadap prestasi belajar yang artinya pola belajar mampu mempengaruhi prestasi belajar. Nilai koefisien korelasi antar variabel pola belajar aktif-reflektif (x1), sensing-intuitif (x2), visual-verbal (x3), dan sequential-global (x4)  terhadap prestasi belajar diperoleh bahwa nilai Fhitung sebesar 5,154 Ftabel 1% (4 :299 ) sebesar 3,382 dengan nilai p<0,01, hal ini berarti korelasi pola belajar terhadap prestasi belajar adalah signifikan. Diketahui bahwa nilai koefisien korelasinya (R) sebesar = 0,254 dan koefisien determinasi (R2) = 0,065.

Kata Kunci: Pola Belajar, Prestasi Belajar, Bidikmisi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI