DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT TERHADAP PARTISIPASI POLITIK DALAM PEMBERIAN SUARA PADA PEMILIHAN BUPATI KAPUAS TAHUN 2018 DI KELURAHAN MANDOMAI KECAMATAN KAPUAS BARAT
PENGARANG:IMAM FADILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-05


 

 

IMAM FADILLAH, D1B114230: Hubungan Tingkat Pendidikan Masyarakat Terhadap Partisipasi Politik dalam Pemberian Suara pada Pemilihan Bupati Kapuas Tahun 2018 di Kelurahan Mandomai Kecamatan Kapuas Barat.Di bawah bimbingan Siti Hamidah (pembimbing I) dan Andi Tenri Sompa (pembimbing II).

 

 

 

Rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam pemberian suara di Kelurahan Mandomai Kecamatan Kapuas Barat pada Pemilihan Bupati Kapuas Tahun 2018 dapat dipengaruhi beberapa faktor salah satunya pendidikan. Tingkat pendidikan di Kelurahan Mandomai secara umum tergolong cukup rendah. Pendidikan masyarakat yang telah cukup persyaratan untuk memilih sektar 85.8% tidak melanjutkan SMA, tercatat sekitar 69.29% yang menggunakan hak suaranya. Tingkat partisipasi ini masih belum sesuai harapan KPU yang menargetkan tingkat partisipasi dalam Pilkada serentak tahun 2018 adalah sebesar 77,5%. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini  adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan masyarakat terhadap partisipasi politik dalam pemberian suara pada pemilihan Bupati Kapuas Tahun 2018 Di Kelurahan Mandomai Kecamatan Kapuas Barat. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan tipe diskriptif.Sedangkan alat ukur yang digunakan ialah data interval dan menggunakan skala guttman. teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment.

 

Berdasarkan hasil analisis diskriptif menunjukkan bahwa 16 orang responden tamat SD atau sebanyak (16.5%) dengan partisipasi memilih 56.3%, 25orang responden (25.8%) tamat SMP dengan partisipasi memilih 56%, 52 orang responden (53.6%) tamat SMA dengan partisipasi memilih 90.4%, dan yang telah menamatkan sekolahnya hingga Perguruan Tinggi ada 4orang responden (4.1%)  dengan partisipasi memilih 100 %. Adapun secara keseluruhan hasil perhitungan mengenai Tingkat partisipasi politik masyarakat dalam pemberian suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018 berdasarkan pendidikan secara keseluruhan sebesar 76.3%. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan statistik korelasi product moment, diperoleh hasil r hitung sebesar 0,423 (derajat korelasi sedang) sedangkan pada r tabel dengan N = 90 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,173. Karena nilai r hitung > r tabel (0,423 > 0,173) maka Ha yang berbunyi “Ada pengaruh tingkat pendidikan masyarakat terhadap partisipasi politik dalam pemberian suara pada Pemilihan Bupati Kapuas di Kelurahan Mandomai Kecamatan Kapuas Barat Tahun 2018” dinyatakan diterima.

 

Berdasarkan hasil penelitian, perlu dilakukan suatu upaya dalam memberikan bimbingan pendidikan non formal dan informal bagi masyarakat Mandomai yang tidak sempat mengenyam pendidikan dasar maupun menengah. Memberikan pendidikan politik khususnya melalui dialog maupun diskusi politik di tingkat kampung. Perlu juga untuk membuka informasi yang luas bagi masyarakat untuk dapat mengetahui tentang proses pemilihan umum secara benar.

 

           

 

Kata Kunci :Tingkat Pendidikan, Partisipasi Politik, Masyarakat, Pemberian Suara, Pilbup

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI