DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PENGELOLAAN DIRI PADA SISWA KELAS XI SMAN 12 BANJARMASIN
PENGARANG:MAYSARAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-05


 

ABSTRAK

 

 

 

Maysarah. 2020. Kontribusi Penggunaan Media Sosial dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pengelolaan Diri Pada Siswa Kelas XI SMAN 12 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd. (II) Rizky Ildiyanita, M.Psi. Psikolog.

 

Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial Instagram, Pergaulan Teman Sebaya, Pengelolaan Diri.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan media sosial instagram dan pergaulan teman sebaya terhadap pengelolaan diri pada siswa kelas XI SMAN 12 Banjarmasin, serta untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media sosial instagram dan pergaulan teman sebaya terhadap pengelolaan diri pada siswa kelas XI SMAN 12 Banjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh. Alat pengumpulan data menggunaka angket skala likert dan teknik penarikan sampel dengan cara sampel jenuh yaitu mengambil sampel secara keseluruhan 166 siswa kelas XI. Dengan teknik analisis data dan menggunakan statistic dekstiptif dan regresi linear berganda.

 

Hasil dari penelitian yang dilakukan pada siswa kelas XI SMAN 12 Banjarmasin. Pada penggunaan media sosial instagram, pergaulan teman sebaya dan pengelolaan diri masuk dalam kategori sedang. Hasil dari teknik analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda dan berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa adanya pengaruh antara variabel X1 (media sosial instagram) dan X2 (pergaulan teman sebaya) secara bersamaan. Hal tersebut memberikan pengaruh pada pengelolaan diri sebesar 36,9% sedangkan sisanya yaitu 63,1% yang dipengaruhi oleh faktor lain. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penggunaan media sosial instagram dan pergaulan teman sebaya maka akan mempengaruhi pengelolaan diri pada seseorang. Namun, hal itu kembali ke pribadi masing-masing, seseorang harus memiliki kontrol diri yang penuh dalam mengendalikan diri dalam menyikapi berbagai kejadian dan situasi yang sedang dialaminya.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI