DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN WISATA PARIANGAN DI DESA BATU BINI KECAMATAN PADANG BATUNG KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:M NURRAHMAN ABDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-05


Persepsi  dalam  arti  sempit  berarti  penglihatan,  yaitu bagaimana  seseorang melihat  sesuatu,  sedangkan  dalam  arti  luas  adalah  pandangan  yaitu  bagaimana seseorang  memandang  atau  mengartikan  sesuatu  (Harisah  &  Masiming,  2008). Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang saling  bergaul, dalam istilah ilmiah adalah saling berinteraksi. Kegiatan  ekowisata  sedang  menjadi  tren  dikalangan masyarakat untuk menikmati tempat-tempat wisata yang berbeda dari biasanya. Objek wisata di Kalimantan Selatan banyak yang dibangun berbasis lingkungan seperti di daerah aliran sungai, pegunungan serta pesisir pantai. Satu diantaranya yaitu wisata Pariangan yang merupakan wisata sungai dan terletak di Dusun Pariangan Desa Batu Bini. Obyek wisata Pariangan ini termasuk pengembangan wisata sungai yang baru karena dikelola sekitar 2 tahun. Wisata ini dikelola oleh masyarakat secara swadaya dan gotong royong. Berdasarkan uraian tersebut, maka diperlukan sebuah penelitian untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap adanya pembangunan obyek wisata Pariangan. Berdasarkan hasil penelitian persepsi masyarakat rata-rata berada pada skala 3,89 dengan posisi kategori 77,8% yang berarti posisi kategori persepsi masyarakat berada pada kategori “Bagus” terhadap adanya pembangunan objek wisata Pariangan, Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan secara rata-rata variabel usia, tingkat pendidikan akhir dan lama tinggal dengan nilai signifikansi 0,118 yang lebih besar dari tingkat kepercayaan 5% (0,05) yang berarti variabel bebas tidak berpengaruh terhadap persepsi masyarakat sebagai variabel terikat, sedangkan analisis regresi linear berganda secara parsial menunjukkan hanya variabel usia dengan nilai signifikansi 0,033 yang berpengaruh nyata terhadap persepsi masyarakat sedangkan variabel tingkat pendidikan akhir dengan nilai signifikansi 0,569 dan variabel lama tinggal dengan nilai signifikansi 0,179 tidak berpengaruh nyata terhadap persepsi masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI