DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA (KEAKSARAAN) DALAM MENGHUBUNGKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN GAMBAR MELALUI MODEL KOMBINASI MAMPERGA (MAKE A MATCH, PICTURE AND PICTURE, PERMAINAN ULAR NAGA) PADA ANAK KELOMPOK B RA AL - IHSAN BANJARMASIN
PENGARANG:ANISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-05


ABSTRAK

 

Anisa, 2021.        Aspek Kemampuan Bahasa (Keaksaraan) Dalam Menghubungkan Tulisan Sederhana Dengan Gambar Melalui Model Kombinasi Mamperga (Make a Match, Picture and Picture, Permainan Ular Naga) Pada Anak Kelompok B RA Al – Ihsan Banjarmasin”. Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Faqihatuddiniyah, M.Pd.

Kata Kunci :        Bahasa, Keaksaraan , Model Make a Match, Picture and Picture dan Permainan Ular Naga

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada perkembangan aspek bahasa (keaksaraan) dalam menghubungkan tulisan sederhana dengan gambar masih rendah. Karena pembelajaran yang diberikan guru masih kurang bervariasi, kurangnya sumber atau media belajar, dan hanya menggunakan metode berceramah serta pemberian tugas yang monoton sehingga anak kurang tertarik untuk menyimak penjelasan guru dan hal tersebut juga membuat anak cepat bosan dan mengakibatkan perkembangan bahasa anak tidak berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan aspek bahasa (keaksaraan) khususnya dalam menghubungkan tulisan sederhana dengan gambar.                                                                                             Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tempat penelitian ini adalah anak kelompok B RA Al – Ihsan Banjarmasin dengan jumlah 10 orang anak yaitu 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan anak yang diambil pada proses pembelajaran. Analisis data secara diskriptif kualitatif dalam bentuk tabel, grafik, dan interpretasi menggunakan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kriteria sangat baik. Aktivitas anak yang mencapai peningkatan dengan memperoleh kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan kemampuan bahasa menunjukkan anak memperoleh kriteria “Berkembang Sangat Baik (BSH)”.                                            Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model kombinasi Mamperga(Make a Match , Picture and Picture dan Permainan Ular Naga) dalam  mengembangkan aspek bahasa (keaksaraan) anak dalam menghubungkan tulisan sederhana dengan gambar pada anak kelompok B RA Al – Ihsan Banjarmasin dapat berkembang secara optimal dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru dan kepala sekolah serta peneliti lain adalah sebagai alternatif masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan aspek bahasa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI