DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Lembar Kerja Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Konteks Lingkungan Lahan Basah | |
PENGARANG | : | TARADHITA ADI RAHARDI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-11-05 |
Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk tingkat SMP/MTs dirasa
perlu karena pada proses pembelajaran masih sering menggunakan LKPD yang
kurang membangun pemahaman peserta didik dan minim mengaitkan dengan
lingkungan sekitar peserta didik. Selaras dengan lingkungan sekitar Kota
Banjarmasin, LKPD berbasis konteks lingkungan lahan basah sangat tepat
digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik. Maka dari itu, peneliti
mengembangkan LKPD pada materi sistem persamaan linear dua variabel berbasis
konteks lahan basah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
proses dan hasil dari pengembangan LKPD berbasis konteks lingkungan lahan
basah yang valid. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian
pengembangan dengan model pengembangan dari Thiagarajan, Semmel, dan
Semmel dengan 4 tahapan yang diadaptasi oleh Al – Tabany, yaitu tahap
pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran.
Namun, dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan, dimana
hanya sampai validasi oleh ahli dan analisis respon peserta didik. Validasi
dilakukan oleh 3 orang validator ahli. Berdasarkan hasil uji validitas LKPD yang
dikembangkan kemudian mendapat nilai sebesar 3,52, artinya lembar kerja peseta
didik yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Hasil analisis respon peserta
didik mendapat 80,357% respon positif, artinya LKPD direspon baik. Dengan
demikian, dihasilkan LKPD berbasis konteks lingkungan lahan basah yang valid.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI