DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), TALKING STICK, DAN MEDIA BENDA KONKRET PADA SISWA KELAS IV SDN MELAYU 11 BANJARMASIN
PENGARANG:IKLIMA BAIHANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-05


ABSTRAK

Baihana, Iklima. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Talking Stick, dan Media Benda Konkret pada Siswa Kelas IV SDN Melayu 11 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Muhsinah Annisa, S.Si., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Group Investigation, Talking Stick,  Media Benda Konkret.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penyebabnya adalah siswa belum memiliki keterampilan proses memecahkan masalah, belum muncul kerjasama antar siswa, siswa kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat, kegiatan pembelajaran kurang menyenangkan, pemahaman konsep seacara abstrak. Oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu menggunakan kombinasi model pembelajaran  Group Investigation (GI), Talking Stick, dan Media Benda Konkret pada Siswa Kelas IV SDN Melayu 11 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa serta peningkatan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Melayu 11 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan di kelas IV Melayu 11 Banjarmasin. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terlaksana dengan kategori “Baik” dan “Sangat Baik” dengan perolehan nilai 75 meningkat menjadi 92,5. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada pertemuan 1 memperoleh 30% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Hasil belajar kognitif siswa pada pertemuan 1 memperoleh 50% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Hasil belajar afektif pertemuan 1 memperoleh 20% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 90%. Begitu pula hasil belajar psikomotorik siswa pada pertemuan 1 memperoleh 20% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model menggunakan kombinasi model pembelajaran  Group Investigation (GI), Talking Stick, dan Media Benda Konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI