DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK DALAM MELEMPAR MENANGKAP SECARA TEPAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DESTUBOSA PADA ANAK KELOMPOK B2 TK RAKAT MUFAKAT MARABAHAN
PENGARANG:MIRAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-05


Kata Kunci: Motorik Kasar, Melempar Menangkap Secara Tepat, Destubosa (Demonstrasi, Pemberian Tugas, dengan media bola besar) 

 

Permasalahan yang ditemukan adalah belum berkembangnya aspek motorik kasar dalam melempar menangkap secara tepat. Hal tersebut disebabkan oleh anak tidak aktif dalam kegiatan dikarenakan guru tidak memberikan latihan kepada anak dalam melempar dan menangkap secara tepat, sehingga anak kurang fokus saat melempar dan menangkap. Jika hal ini dibiarkan akan menghambat perkembangan kinestetiknya dan berdampak negatif pada kehidupan anak khususnya dalam aspek motorik kasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan anak pada aspek motorik kasar khususnya dalam melempar dan menangkap secara tepat. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Rakat Mufakat Marabahan dengan jumlah anak sebanyak 7 orang yang terdiri dari 2 anak lakilaki dan 5 anak perempuan.  Teknik pengumpulan data  yang dilakukan observasi dengan analisis data kualitatif. Objek penelitian ini mengembangkan keterampilan motorik kasar anak dalam melempar dan menangkap secara tepat. Analisis data dari aktivitas guru mencapai skor ≥ 82 dengan kriteria “sangat baik”, aktivitas anak secara rata-rata kelas mencapai skor ≥ 82 dengan kriteria “hampir seluruh anak sangat aktif”, dan hasil pengembangan keterampilan mtotrik kasar anak minimal mendapat bintang ??? dengan kriteria “berkembang sesuai harapan”. Hasil penelitian aktivitas guru berada pada kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak menunjukkan kriteria “Sangat Aktif”. Sedangkan hasil perkembangan aspek motorik kasar mencapai kriteriai “Berkembang Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Destubosa (Demonstrasi, Pemberian Tugas, dengan media bola besar) pada anak kelompok B2 TK Rakat Mufakat Madarabahan dalam melempar menangkap secara tepat mengalami perkembangan yang optimal dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru dan kepala sekolah serta peneliti lain adalah sebagai alternatif masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan pembelajaran. 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI