DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Program 86 NET TV Dengan Tingkat Pengetahuan Tentang Peraturan Dalam Berlalu Lintas Di Banjarmasin
PENGARANG:MUHAMMAD FAHMI SADDAD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-05


ABSTRAK

 

Muhammad Fahmi Saddad, 2020. Hubungan Program 86 NET TV Dengan Tingkat Pengetahuan Tentang Peraturan Dalam Berlalu Lintas di Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (I) Mariatul Kiptiah, (II) Heru Puji Winarso.

 

Kata kunci: Program 86 NET TV dan Tingkat Pengetahuan Tentang Peraturan Dalam Berlalu Lintas.

 

Program 86 NET TV adalah program yang tayang di televisi dan dapat pula di akses melalui internet yang setiap episodenya memberikan sajian tayangan yang edukatif khususnya di bidang hukum yang terkait dengan berlalu lintas yang bermanfaat bagi masyarakat yang kurang atau belum mengetahui aturan-aturan hukum yang sudah semestinya diketahui dan dipatuhi oleh masyarakat. Hal ini tak terlepas dari peran media massa sebagai sarana edukasi bagi masyarakat

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui minat masyarakat dalam menonton program 86 NET TV, 2) Mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang peraturan dalam berlalu lintas, 3) Mengatahui hubungan Program 86 NET TV dengan tingkat pengetahuan dalam peraturan tentang berlalu lintas di Kota Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 675.440 dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang responden. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini  menggunakan rumus Slovin, populasi 675.440 (N)  menjadi 100 (n). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan kuesioner, tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis uji korelasi Product Moment.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penonton program 86 NET TV di Kota Banjarmasin, sekitar 52% menyatakan jarang menonton dan 48% menyatakan sering menonton program 86 NET TV. Kemudian untuk tingkat pengetahuan mengenai peraturan dalam berlalu lintas, sekitar 68% dalam kategori tinggi, sedangkan korelasi program 86 NET TV dengan tingkat pengetahuan tentang peraturan dalam berlalu lintas berdasarkan uji statistic menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai r hitung sebesar 100,45 yang mana berarti ada korelasi yang sangat tinggi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI