DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelaksanaan Metode Bercerita Dalam Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa Menceritakan Kembali Dengan Model Picture and Picture dan Talking Stick Kelompok B TK Rakat Mufakat Kec. Marabahan
PENGARANG:MAYA PUTRI ARIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-06


 

ABSTRAK

 

Arianti, Maya Putri. 2021. Pelaksanaan Metode Bercerita dalam Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa Menceritakan Kembali dengan Model Picture and Picture dan Talking Stick Kelompok B TK Rakat Mufakat Kec Marabahan S1 PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd

 

 

 

Kata kunci :Bahasa Anak, Picture and Picture, Talking Stick

 

 

 

Permasalahannya anak Kelompok B di TK Rakat Mufakat Kec Marabahan masih kurang mampu dalam menceritakan kembali yang telah diceritakan guru kepada anak. Penyebabnya adalah kurang adanya metode dan model pembelajaran yang tepat sehingga anak menjadi kurang berkembang dalam aspek berbahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiPelaksanaan Metode Bercerita dengan Model Picture And Picture dan Talking Stick Dalam Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa Menceritakan Kembali Kelompok B TK Rakat Mufakat Marabahan.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 7 orang anak. Instrumen yang digunakan observasi dan tes kepada anak. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Indikator keberhasilan guru mencapai skor nilai 23-28 dengan katagori sangat baik terlaksana. Aktivitas anak dikatakan berhasil apabila rata-rata kelas secara klasikal 81% anak katagori minimal aktif. Hasil pengembangan aspek secara klasikal 81% anak memeperoleh minimal dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas  guru  mencapai  hasil 24 Poin. Hasil aktivitas anak mencapai hasil 89%. Hasil perkembangan berbahasa anak mencapai hasil 83% maka berdasarkan dari hasil kesimpulan hipotesis maka dapat diketahui bahwa dengan menggunakan metode bercerita dengan model Picture and Picture dan Talking Stick pada anak kelompok B TK Rakat Mufakat dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam dalam belajar bahasa.

 

Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru dapat menerapkan metode bercerita dengan kombinasi model picture and picture dan talking stick dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI