DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT, MAKE A MATCH, DAN TALKING STICK SISWA KELAS 4 SDN 1 SAGU SUKAMULYA KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
PENGARANG:NANA LUSIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-06


ABSTRAK

Lusiana, Nana. 2021. Meningkatkan keterampilan membaca pemahaman menggunakanmodel Cooperative Script, Make A Match, Dan Talking Stick Siswa Kelas 4 Sdn 1 Sagu Sukamulya Kabupaten Kotawaringin Barat. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Susilawaty, M. Pd

 

Kata kunci : Membaca Pemahaman, Cooperative Script, Make A Match, Talking Stick 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan siswa dalam membaca pemahaman, aktivitas siswa dan hasil belajar tidak mencapai KKM.Hal tersebut disebabkan pembelajaran kurang menarik dan bersifat satu arah, penggunaan model pembelajaran yang monoton, siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran. Upaya utnuk mengatasi permasalahan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script, Make A Match, Dan Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk keterampilan membaca pemahaman, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan kelas 4 Sdn 1 Sagu Sukamulya, pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi dan angket aktivitas guru, aktivitas siswa, data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 27 kriteria “Sangat Baik”, meningkat pada Siklus II pertemuan 1 dengan skor 31 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada Siklus I pertemuan 1 mencapai 39% kriteria “Cukup Aktif”, meningkat pada Siklus II pertemuan 1 dengan persentase 95% kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa pada Siklus I pertemuan 1 yaitu 35% meningkat pada Siklus II pertemuan 1 dengan persentase klasikal 100%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan model Cooperative Script, Make A Match, Dan Talking Stick dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI