DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) , TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) , SNOWBALL THROWING KELAS IV SDN GANDARIA 1 ANJIR PASAR KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:VIRA PUSPA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-07


Permasalahan yang terjadi pada materi keliling bangun datar dikelas IV SDN Gandaria 1 adalah peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menggunakan rumus dengan langkah langkah yang sesuai dengan telah di jelaskan. Hal ini di akibatkan oleh kegiatan belajar mengajar online yang di karena kan covid-19, kurangnya semangat siswa dalam belajar yang menjadikan focus dan perhatian siswa juga ikut berkurang. solusi dalam menangani masalah tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI) , teams games tournament (TGT) dan snowball throwing. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling bangun datar telah di laksanakan nya penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan untuk  mengetahui bagaimana aktivitas guru , seperti apa aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran keliling bangun datar Kelas IV SDN Gandaria 1 Anjir pasar Kabupaten barito kuala.

            Penelitian ini dilakukan telah sesuai dengan prosedur penelitian (PTK) yang --telah dilakukan dalam 2 siklus, ada 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Dengan jumlah siswa 3 orang laki laki dan juga 7 oramg perempuan Pengumpulan data pun di lakukan dengan teknik menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan test tertulis individu pada setiap kali akhir pembelajaraan. Indicator keberhasilan PTK ini adalah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar secara individu dan mencapai skor nilai sama atau diatas KKM atau ≥70 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥80%  dari seluruh siswa dikelas,serta aktivitas guru dapat mencapai kriteria “sangat baik” dan aktivitas siswa dapat mencapai aktivitas “sangat aktif” dan aktif ≥80%.

            Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan hasil pada aktivitas guru terlaksana dan mendapat  kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada sudah dinyatakan berhasil dengan diperolehnya kategori sangat aktif, serta pada ketuntasan klasikal hasil belajar secara individual mengalami peningkatan.

            Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar materi keliling bangun datar dengan menggunakan model direct instruction (DI), Teams games tournament(TGT), dan Snowball throwing. meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada guru agar menggunakan model-model pembelajaran dalam mengajar motivasi dan juga hasil belajar siswa sehingga menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI