DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT TERHADAP PELAKSANAAN FUNGSI PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA DI BANJARMASIN
PENGARANG:LINDA RENITA THINE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-08


Linda Renita Thine, D1B115058, 2021: ”Persepsi Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial  dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Terhadap Pelaksanaan Fungsi Partai Solidaritas Indonesia di Banjarmasin”. Di bawah bimbingan Mahyuni.

Tujuan dalam penelitian ini ialah jawaban dari mahasiswa terhadap fungsi Partai PSI yaitu mengetahui persepsi mahasiswa terhadap fungsi Partai PSI di mata para mahasiswa. Hasil proses menggunakan metode yang memang harus diterapkan dalam proses penelitian dan tentunya dalam penemuan hasil dari penelitian dengan metode yang tepat dalam penelitian ini ialah, kuantitatif deksriptif. Penelitian ini berfokus kepada menjelaskan proses dan hasil yang didapatkan nanti.

Metode kuantitatif deskriptif ini didukung dengan beberapa cara pengumupulan data yaitu, kuisioner sebagai data primer dan sedikit wawancara untuk menentukan data sekundernya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa merupakan aspek yang dapat dikatakan sangat penting untuk Partai PSI. PSI ialah partai yang mengutamakan anak muda sebagai pengurus partai atau anggota partai, mahasiswa terbilang masih hijau dalam dunia politik karena pengaruh pandangan mahasiswa tersebut juga akan sangat berpengaruh dalam prospek Pemilu di tahun yang akan datang.

Oleh sebab itu Partai PSI memerlukan data awal yang berguna melihat tanggapan mahasiwa yang tentunya berguna untuk kedepannya nanti. Hasil-hasil penelitian ini ialah, sarana komunikasi politik, berdasarkan dari hasil penelitian dan perhitungan yang sudah dilakukan dapat dinyatakan cukup baik dengan hasil perhitungan berada di angka 63,1%, kedua, sarana pendidikan politik, berdasarkan dari hasil penelitian dan perhitungan yang sudah dilakukan dapat dinyatakan cukup buruk dengan hasil perhitungan berada di angka 56,6%, ketiga, sarana rekruitmen politik, berdasarkan dari hasil penelitian dan perhitungan yang sudah dilakukan dapat dinyatakan cukup buruk dengan hasil perhitungan berada di angka 53,7% dan keempat sarana pengatur konflik dapat dinyatakan cukup baik dengan hasil perhitungan berada di angka 69,9%. Dapat dipahami bahwa banyak hal yang memang harus diperbaiki, ditingkatkan dan di anlisis kembali agar PSI dapat menjadi partai yang dipercaya masyarkat, karena dipercaya saja tidak cukup PSI harus mampu juga bersaing dengan partai senior yang sudah berdiri lama di Banjarmasin.

Berdasarkan dari hasil penelitian dan perhitungan yang sudah dilakukan, saran untuk Partai PSI ialah memprioritaskan para anak muda agar dapat belajar dalam ruang lingkup politik sehingga mereka dapat mengembangkan diri bersama Partai PSI yang nantinya akan berguna jikalau para anak muda tersebut bersedia menjadi anggota Partai PSI yang baru, anggota-anggota tersebutlah yang kemudian turun ke masyarakat dan nantinya menjadi pondasi terpercaya terhadap Partai PSI.

Kata Kunci : Fungsi Partai Politik, Efektivitas, PSI, Masyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI