DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC TEAM TOURNAMENT DI SEKOLAH DASAR KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:RAHMALITA ERVIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-08


ABSTRAK

Erviana, Rahmalita. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bilangan Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Team Tournament. Skripsi Program Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar, Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Tahun Akademik 2020/2021. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd, M.Pd. 

Kata Kunci: Materi Bilangan Pecahan, Realistic Team Tournament.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik sulit memahami konsep materi, tidak aktif dan kurang antusias dalam pembelajaran yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang abstrak dan pembelajaran lebih didominasi oleh pendidik, penyampaian materi pembelajaran tidak didukung dengan media pembelajaran yang konkret, dan pembelajaran tidak diselingi dengan kegiatan menyenangkan. Oleh karena itu dilakukan upaya meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran Realistic Team Tournament. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas peserta didik dan menganalisis hasil belajar peserta didik pada materi bilangan pecahan.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan  sebanyak 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik IV SDN Seberang Mesjid 5 Banjarmasin Tahun Ajaran 2020/2021, dengan jumlah peserta didik 10 orang yang terdiri dari 5 orang peserta didik laki-laki dan 5 orang peserta didik perempuan. Data yang digunakan berbentuk kualitatif dan kuantitatif. Yang diperoleh melalui hasil observasi aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik dan hasil belajar yang dilakukan dengan tes tertulis. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini  adalah  peserta didik dapat mencapai nilai ≥70 untuk ketuntasan individu dan dapat mencapai 80% peserta didik secara ketuntasan klasikal, serta aktivitas pendidik mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas peserta didik mencapai kriteria “Sangat Aktif”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 memperoleh  kriteria “Baik”, pertemuan 2  kriteria “Sangat Baik”, pertemuan 3 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik pertemuan 1 memperoleh kriteria “Kurang Aktif”, pertemuan 2 kriterian dan pertemuan 3 kriteria .  Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 60%, pertemuan 2 mencapai 80%, pertemuan 3 mencapai 100%. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model pembelajaran Realistic Team Tournament pada peserta didik kelas IV SDN Seberang Mesjid 5 Banjarmasin aktivitas pendidik dapat terlaksana dengan baik, aktivitas peserta didik meningkat, dan hasil belajar peserta didik meningkat. Sebagai salah satu alternatif dan pertimbangan dalam menentukan atau memilih model pembelajaran dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI