DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISASI JAMUR MIKROSKOPIS PADA BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) SEBAGAI MATERI PENGAYAAN KONSEP FUNGI KELAS X SMA/MA
PENGARANG:Laila Malinda Septiana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-08


KARAKTERISASI JAMUR MIKROSKOPIS PADA BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) SEBAGAI MATERI PENGAYAAN KONSEP FUNGI KELAS X SMA/MA (Oleh: Laila Malinda Septiana; Pembimbing: Dra. Aulia Ajizah,M.Kes Drs. Bunda Halang,MT; 2018; 94 halaman)

 

ABSTRAK

Salah satu buah yang sedang populer di Indonesia yaitu buah naga merah (Hylocereus polyrhizus), karena buah ini merupakan buah yang memiliki rasa yang manis dan segar karena banyak air didalamnya. Oleh karena iu seringkali jika buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) jika bagian kulit luarnya sudah rusak  maka jamur mikroskopis akan cepat sekali untuk tumbuh diatasnya. Jamur mikroskopis merupakan jamur yang banyak dijumpai pada berbagai substrat salah satunya yaitu buah-buahan yang telah membusuk. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jamur mikroskopis yang dapat tumbuh pada sustrat buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) dan mendeskripsikan validitas handout tentang jenis-jenis jamur mikroskopis pada buah naga merah (Hylocereus polyrhizus). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) untuk mengembangkan bahan ajar yang berupa handout. Hasil penelitian ini adalah karakterisasi jenis-jenis jamur mikroskopis yang tumbuh pada buah naga merah (Hylocereus polyrhizus). Bahan ajar yang dikembangkan dalam bentuk handout  dengan judul “Jamur Mikroskopis pada Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrhizus)” dinyatakan sangat valid atau layak digunakan berdasarkan hasil uji validitas ahli dan uji keterbacaaan.  

 

Kata Kunci: Karakterisasi, Jamur Mikroskopis, Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus),

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI