DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN KOGNITIF MENGETAHUI KONSEP BANYAK DAN SEDIKIT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL ROLE PLAYING DENGAN METODE DRILL DAN MEDIA PAPAN FLANEL KELOMPOK A TK NU AL-ANSHAR BANJARMASIN TIMUR | |
PENGARANG | : | NURUL HIKMAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-11-08 |
Penelitian ini berawal dari permasalahan pada anak kelompok A TK NU
Al-Anshar Banjarmasin Timur berkaitan dengan pembelajaran yang dilakukan oleh
guru mengajar kurang menarik dan kurang intraksi dengan anak sehingga anak
kurang tertarik dan kurang gairah dalam belajar terutama mengetahui konsep
banyak dan sedikit terlebih dahulu. Untuk mengatasi masalah ini penulis memilih
pembelajaran menggunakan model roll playing dengan metode drill dan media
papan flannel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru,
aktivitas anak, dan hasil pengembangan aspek kognitif anak mengetahui konsep
banyak dan sedikit menggunakan model roll playing dengan metode drill dan
media papan flannel. tugas pada kelompok A TK NU Al-Anshar Banjarmasin
Timur
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari
beberapa langkah dalam setiap tindakan yaitu merencanakan, melaksanakan
tindakan, mengamati, dan merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan. PTK
ini dilakukan 4 pertemuan pada kelompok A TK NU Al-Anshar Banjarmasin
Timur. Untuk menggali dan mengolah data dalam penelitian ini diperlukan analisis
data tentang aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan anak yang
diperoleh melalui observasi dan evaluasi selama pembelajaran, sehingga mencapai
indikator keberhasilan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I
mencapai kreteria cukup baik, pertemuan II mencapai kreteria baik, pertemuan III
mencaoai kreteria sangat baik, dan pertemuan ke IV mencapai kreteria sangat baik.
Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kreteria kurang aktif, pertemuan II
mencapai kreteria aktif, pertemuan III mencaoai kreteria sangat aktif,, dan
pertemuan ke IV mencapai kreteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal pada
pertemuan 1 ketuntasan mencapai 30,77%, pada pertemuan 2 mencapai 53,85%,
pada pertemuan 3 mencapai 69,33%, dan pada pertemuan 4 mencapai 100%.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi Model Role
Playing, Metode Drill Dan Media Papan Flanel dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil perkembangan anak. Disarankan penggunakan model tersebut sebagai salah
satu alternative dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada
peningkatan hasil perkembangan anak.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI