DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KOGNITIF MENGETAHUI KONSEP BANYAK DAN SEDIKIT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL ROLE PLAYING DENGAN METODE DRILL DAN MEDIA PAPAN FLANEL KELOMPOK A TK NU AL-ANSHAR BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:NURUL HIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-08


Penelitian ini berawal dari permasalahan pada anak kelompok A TK NU 

Al-Anshar Banjarmasin Timur berkaitan dengan pembelajaran yang dilakukan oleh 

guru mengajar kurang menarik dan kurang intraksi dengan anak sehingga anak 

kurang tertarik dan kurang gairah dalam belajar terutama mengetahui konsep 

banyak dan sedikit terlebih dahulu. Untuk mengatasi masalah ini penulis memilih 

pembelajaran menggunakan model roll playing dengan metode drill dan media 

papan flannel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, 

aktivitas anak, dan hasil pengembangan aspek kognitif anak mengetahui konsep 

banyak dan sedikit menggunakan model roll playing dengan metode drill dan 

media papan flannel. tugas pada kelompok A TK NU Al-Anshar Banjarmasin 

Timur

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 

beberapa langkah dalam setiap tindakan yaitu merencanakan, melaksanakan 

tindakan, mengamati, dan merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan. PTK 

ini dilakukan 4 pertemuan pada kelompok A TK NU Al-Anshar Banjarmasin 

Timur. Untuk menggali dan mengolah data dalam penelitian ini diperlukan analisis 

data tentang aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan anak yang 

diperoleh melalui observasi dan evaluasi selama pembelajaran, sehingga mencapai 

indikator keberhasilan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I 

mencapai kreteria cukup baik, pertemuan II mencapai kreteria baik, pertemuan III 

mencaoai kreteria sangat baik, dan pertemuan ke IV mencapai kreteria sangat baik. 

Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kreteria kurang aktif, pertemuan II 

mencapai kreteria aktif, pertemuan III mencaoai kreteria sangat aktif,, dan 

pertemuan ke IV mencapai kreteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal pada 

pertemuan 1 ketuntasan mencapai 30,77%, pada pertemuan 2 mencapai 53,85%,

pada pertemuan 3 mencapai 69,33%, dan pada pertemuan 4 mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi Model Role 

Playing, Metode Drill Dan Media Papan Flanel dapat meningkatkan aktivitas dan 

hasil perkembangan anak. Disarankan penggunakan model tersebut sebagai salah 

satu alternative dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada 

peningkatan hasil perkembangan anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI