DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Rendahnya Partisipasi Masyarakat dalam Penggunaan Hak Pilih Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin di Pilkada Serentak Tahun 2020
PENGARANG:LISA AMALIA WIJAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-08


ABSTRAK

 

Lisa Amalia Wijayanti, 1710413320018. “Rendahnya Partisipasi Masyarakat dalam Penggunaan Hak Pilih Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin di Pilkada Serentak Tahun 2020., Dibawah Bimbingan Husein Abdurrahman, S.Sos, M.Si.

 

Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan penyebab rendahnya partisipasi masyarakat dalam penggunaan hak pilih pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin di Pilkada serentak Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, dengan sumber data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi data.

Hasil penelitian menunjukkan rendahnya partisipasi masyarakat dalam penggunaan hak pilih dipengaruhi oleh 10 faktor yaitu faktor kurangnya sosialisasi dari pihak penyelenggara dan partai pengusung, faktor pandemi COVID-19, faktor tidak adanya money politic, faktor pendidikan politik yang rendah, faktor  kurangnya kepercayaan kepada calon pemimpin yang akan menjabat, faktor lingkungan keluarga, faktor pekerjaan, faktor kondisi alam yaitu hujan deras pada saat hari H, faktor teknis seperti kendala administrasi, dan faktor jarak.

Penelitian ini diharapkan bisa menjadi saran kepada penyelenggara pemilu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan hak pilih melalui pendidikan politik yang kuat dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi saran untuk calon pemimpin kedepannya agar lebih bisa menjaga janji-janji yang telah diucapkan pada saat kampanye.

 

 

Kata kunci : Penyebab Rendahnya Partisipasi, Pilkada Serentak

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI