DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN MURUNG RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2015-2019
PENGARANG:DHELIA FEBRIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-09


Dhelia Febrianti (2021). Analisis Sektor Unggulan Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2015-2019. Pembimbing:Bapak Drs. M. Effendi, MS.

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui sektor-sektor ekonomi apa saja yang merupakan sektor basis dan non basis pada saat ini,  (2) untuk mengetahui sektor mana yang dapat diharapkan menjadi sektor basis di masa mendatang dan (3) untuk mengidentifikasi sektor ekonomi apa yang berpotensi untuk dikembangkan agar dapat menunjang pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Murung Raya. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu Location Quotient (LQ), Dynamic Location Quotient (DLQ), Shift Share (SS), dan Tipologi Sektoral.

Hasil kesimpulan dari seluruh analisis yang digunakan yaitu, bahwa sektor-sektor yang tetap menjadi sektor basis pada saat ini dan pada masa mendatang adalah sektor pertambangan dan penggalian, sektor informasi dan komunikasi, sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial wajib serta jasa lainnya. Berdasarkan hasil Tipologi sektoral yang merupakan hasil gabungan dari analisis LQ, Proportional Shift (Pj) dan  Differential Shift (Dj) yang menyimpulkan bahwa sektor informasi dan komunikasi, jasa kesehatan dan kegiatan sosial serta jasa lainnya merupakan sektor yang memilki potensi istimewa untuk dikembangkan.

Kata Kunci: Sektor Unggulan; Location Quotient (LQ); Dynamic Location Quotient (DLQ); Shift Share (SS); Tipologi Sektoral

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI