DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Berdasarkan Peta Pikiran pada Peserta Didik Kelas VIII-A SMPN 3 Banjarmasin
PENGARANG:LAILI BARIROH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-09


ABSTRAK

 

Bariroh, Laili. 2021. Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Berdasarkan Peta Pikiran pada Peserta Didik Kelas VIII-A SMPN 3 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Noor Cahaya, M.Pd.; (II) Lita Luthfiyanti, M.Pd.

 

Kata kunci: kemampuan menulis, teks eksplanasi, peta pikiran

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi dalam pembelajaran daring. Peta pikiran digunakan sebagai pola atau kerangka yang dapat membantu peserta didik dalam menulis teks eksplanasi. Menulis teks eksplanasi berdasarkan peta pikiran dapat mengasah cara berpikir peserta didik agar dapat menyusun teks eksplanasi dengan logis dan sistematis. Menulis teks eksplanasi dapat memberikan wawasan kepada peserta didik untuk lebih mengenal fenomena yang terjadi di sekitar.

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi berdasarkan peta pikiran pada peserta didik kelas VIII-A SMPN 3 Banjarmasin. Khususnya pada aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam menulis teks eksplanasi, yaitu, isi, struktur teks, kosakata, kalimat, dan mekanik.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ialah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Hal tersebut dilakukan karena peneliti melakukan proses penghitungan skor menggunakan angka dalam menganalisis data. Populasi penelitian ini meliputi peserta didik kelas VIII SMPN 3 Banjarmasin. Sampel yang digunakan ialah kelas VIII-A SMPN 3 Banjarmasin dengan data yang diambil berjumlah 34 data. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang memuat aspek penilaian isi, struktur teks, kosakata, kalimat, dan mekanik teks eksplanasi.

            Hasil analisis data menunjukkan kemampuan menulis teks eksplanasi berdasarkan peta pikiran pada peserta didik kelas VIII-A SMPN 3 Banjarmasin dapat dikatakan mampu dengan nilai rata-rata 78,82. Pada aspek isi, nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 91,17. Pada aspek struktur teks, nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 83,01. Pada aspek kosakata, nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 69,85. Pada aspek kalimat, nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 76,47. Pada aspek mekanik, nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 73,52.

Saran untuk peneliti selanjutnya, sebaiknya dapat memodifikasi kembali pedoman penilaian teks eksplanasi, tidak hanya melanjutkan pedoman penilaian oleh peneliti sebelumnya. Bagi guru, sebaiknya lebih menguasai alat bantu mengajar dalam pembelajaran daring. Bagi peserta didik, sebaiknya lebih giat lagi dalam berlatih menulis teks, khususnya teks eksplanasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI