DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PATATA COREA PADA SISWA KELAS 5 SDN 4 SELAT TENGAH KUALA KAPUAS
PENGARANG:HOGLA FEBRINNOLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-09


Penelitian ini akan menjabarkankegiatan  guru dan menganalisis kegiatan siswa serta meningkatnya hasil  belajar  siswa di mata pelajaran Matematika materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok melalui penerapan ModelPATATA COREA (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Team Assisted Individually, Creative Problem Solving, serta Course Review Horay).Peneliti menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta dilakukanselamaempat kali tatap muka padajenjang kelas 5 SDN 4 Selat Tengah dengan akumulasi siswa sejumlah 9 orang siswa. Metode analisis data yang diterapknsi yakni secara kualitatif, dimanakegiatan guru maupun siswa dianalisis dengan teknik observasi. Selanjutnya dilakukan secara kuantitatif, yakni pada hasil belajar siswa dimana dilakukan analisismenggunakanpengujian secara tertulis, kemudiandilakukan interpretasi dengan memakai kriteria pada setiap indikator keberhasilan kegiatan guru serta kegiatan siswa, juga dicapainya ketuntasan belajar siswa secara individual maupun klasikal. Hasilpenelitianmemaparkanterkait kegiatan guru pada tiap tatap mukasejak pertama hingga keempat selaluterjadi peningkatan dari skor 14 dengan kriteria “Baik”, lalu terjadi peningkatanhingga skor 19 yang masuk kriteria “Sangat Baik”. Kegiatan siswa terjadi peningkatan pada tatap muka ke-1 memperoleh 11% dengan kriteria “Kurang Aktif” sertaterjadi peningkatan saattatap muka ke-4 yakni sebesar 100% kriteria “Sangat Aktif ”. Begitu punpada hasil belajar siswa saat tatap muka ke-1menghasilkan 33% sertaterjadi peningkatan pada tatap muka ke-4 menjadi 100%.

Kata  Kunci:  Kegiatan Belajar, Hasil Belajar, Model PATATA COREA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI