DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Reaksi Pasar Modal Terhadap Terjadinya Perang Dagang Amerika-China (Studi Pada Peristiwa Pengumuman Kebijakan Kenaikan Tarif Impor China 08 Mei 2019)
PENGARANG:HAIRUNIJAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-09


Penelitian ini merupakan event study, bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis reaksi dari pasar modal akan ada atau tidaknya perbedaan abnormal return. Penelitian ini menggunakan Indeks LQ 45 sebagai objek penelitian dan dipilih sebanyak 45 sampel perusahaan. Perhitungan abnormal return pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test dan uji wilcoxon signed rank test.

Hasil pengujian menunjukan bahwa terdapat adanya perbedaan abnormal return signifikan untuk periode lima hari sebelum, satu hari saat dan lima hari sesudah peristiwa Pengumuman Kenaikan Tarif Impor China 08 Mei 2019 selama peristiwa perang dagang Amerika-China. Hal ini memperlihatkan bahwa peristiwa ini membawa dampak terhadap Bursa Efek Indonesia dengan cara memberikan sinyal negatif dimana ketika informasi ini masuk, pasar modal merespon dengan membuat pergerakan saham menurun.

Kata kunci : Event Study, Abnormal Return, Perang Dagang Amerika-China

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI