DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN SENSOR MOTORIK KASAR ANAK CARA MENANGKAP BENDA YANG DILEMPAR MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN MODEL TALKING STICK
PENGARANG:CAHAYA KARTINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-09


 

ABSTRAK

 

Kartika, Cahaya. 2020. “Meningkatkan Sensor  Motorik Kasar Anak Cara Menangkap Benda Yang Dilempar Menggunakan  Model Direct Instruction Dan Model Talking Stick pada anak kelompok B1”. Skripsi Program PGPAUD FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing, Dr. Hj. R. Ati Sukmawati, M.Kom.

Kata kunci : Motorik Kasar, Direct Instruction, Talking Stick

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan aspek motorik kasar anak terutama dalam kegiatan menangkap benda yang dilempar yang masih belum berkembang. Untuk mengatasi hal tersebut penelitian menggunakan variasi model direct instruction dan model talking stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan capaian pengembangan kemampuan motorik kasar anak khususnya dalam dalam kegiatan menangkap benda yang dilempar.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian Studi Literature yang menggunakan data yang diperoleh dari 2 Skripsi dan 18 Jurnal Penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentas, pemeriksaan kewabsahan data dilakukan dengan cara kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas, dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kategori sanagt baik. Aktivitas anak memperoleh kategori sangat aktif. Hasil pengembangan kemampuan kognitif anak memperoleh kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB).

Kesimpulan penelitian ini adalah menggunakan variasi model direct instruction dan model talking stick dalam kegiatan menangkap benda yang dilempar dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak.

  

 

ABSTRACT

 

Cahaya, Kartika. 2021. “Improving Children's Gross Motor Sensory How to Catch Objects Thrown Using Direct Instruction Models and Talking Stick Models in group B1 children”. Thesis for PGPAUD Program FKIP ULM Banjarmasin. Supervisor, Dr. Hj. R. Ati Sukmawati, M. Kom.

Keywords : Gross Motor, Direct Instruction, Talking Stick

This research is based on the low ability of children's gross motor aspects, especially in catching objects that are thrown that are still not developed. To overcome this, the research uses variations of the direct instruction model and the talking stick model. The purpose of this study was to determine the activities of teachers, children's activities, and the achievement of developing children's gross motor skills, especially in catching objects that are thrown.

This research approach uses a qualitative approach and the type of research is Literature Study research that uses data obtained from 2 Thesis and 18 Research Journals. The data collection techniques used are observation, interviews, documentation, checking the validity of the data by means of credibility, dependability, and confirmability, and data analysis techniques using data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification.

The results showed that the teacher's activities obtained a very good category. Children's activities are categorized as very active. The results of the development of children's cognitive abilities obtained categories of developing according to expectations (BSH) and developing very well (BSB).

The conclusion of this study is that using variations of the direct instruction model and the talking stick model in catching objects that are thrown can develop gross motor skills in children.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI