DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME BALOK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN 1 ANJIR SERAPAT TIMUR KABUPATEN KAPUAS KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:UMNIYATI ZAHIRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-10


ABSTRAK

 

Zahirah, Umniyati. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Volume Balok Dengan Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Dan Talking Stick Pada Siswa Kelas V Sdn 1Anjir Serapat Timur Kab. Kapuas Kalimantan Tengah”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. Sunarno, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Volume Balok, Group Investigation, Talking Stick

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalahRendahnya Hasil Belajar Siswa.  Karena siswa sulit memahami dengan benar konsep rumus Volume Balok. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang hanya bersifat satu arah. Selain itu pembelajaran juga tidak menghadirkan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran untuk menyamakan persepsi siswa terhadap suatu materi pembelajaran.Upaya untuk meningkatkan hasil belajar dikelas V SDN 1 Anjir Serapat Timur, yaitu dengan kombinasi model pembelajaran Group Investigation, danTalking Stick.

Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),yang dilaksanakan dengan 2 Siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN 1 Anjir Serapat Timur Kab. Kapuas Kalimantan Tengahtahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa sebanyak  10 siswa terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung serta hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis diakhir pembelajaran. Pada tahun ajaran 2019/2020 siswa mendapat nilai dibawah KKM sebanyak 60%, dan siswa yang mendapat nilai diatas KKM sebanyak 40%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria baik, dan pada siklus II mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kriteria cukup aktif dan pada siklus II mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 60% dan pada siklus II mencapai 100%.

berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation kombinasi dengan Talking Stick dapat meningkatkan Hasil belajar siswa materi volume balok di kelas V SDN 1 Anjir Serapat Timur. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkanhasil belajar siswa.

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Zahirah, Umniyati. 2021. The improving of the result of learning mathematics material of building beam space by using Model learning Group Investigation, and Time Token of student in the fifth grade of  Sdn 1 Anjir Serapat Timur Kab.Kapuas Central Kalimantan. Sarjana’s thesis. Elementary school department. Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University, Banjarmasin. Advisors: Drs. Sunarno, M.Pd.

Keyword:Student Learning Outcomes, Block Volume, Group Investigation, Talking Stick

The problem in this research is the low student learning outcomes. Because students find it difficult to correctly understand the concept of the Volume of Block formula. This is because learning is only one-way. In addition, learning also does not present learning media as learning aids to equalize students' perceptions of a learning material. Efforts to improve learning outcomes in class V of SDN 1 Anjir Serapat Timur, by combining the Group Investigation and Talking Stick learning models.

This type of research is Classroom Action Research (CAR), which is carried out in 2 cycles. The research subjects were the fifth semester students of SDN 1 Anjir Serapat Timur Kab. Kapuas Central Kalimantan for the 2020/2021 academic year, with a total of 10 students consisting of 3 male students and 7 female students. The types of data in this study are qualitative and quantitative data. The data used are the results of observations of teacher and student activities during the learning process and student learning outcomes obtained through a written test at the end of the lesson. In the 2019/2020 academic year, students scored below the KKM as much as 60%, and students who scored above the KKM were 40%.

The results of this study indicate that the teacher's activities in the first cycle reached the good criteria, and in the second cycle the teacher reached very good criteria. Student activities in the first cycle reached the criteria of being quite active and in the second cycle the criteria was very active. The classical completeness of student learning outcomes in the first cycle reached 60% and in the second cycle it reached 100%.

                Based on these findings, it can be concluded that the Group Investigation model in combination with the Talking Stick can improve student learning outcomes on the volume of blocks in class V SDN 1 Anjir Serapat Timur. Suggestions put forward by researchers in order to be an alternative teacher to improve learning in order to improve student learning outcomes.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI