DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI/ BADAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:HYULIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-10


Hyuliana (2021) Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi/ Badan Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banjarmasin Utara Tahun 2019. Pembimbing :       Dra. Sustinah Limarjani SH, MM, Ak, CA.

      Salah satu usaha untukmeningkatkan kepatuhan Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya dapat dilihat dari pencapaian target penerimaan berdasarkan realisasi penerimaan. Jika target penerimaan belum terealisasi, maka hal ini disebabkan karena masih ada Wajib Pajak yang belum mengetahui akan pemahaman perpajakan sehingga mereka masih melalaikan akan kewajibannya dalam membayar pajak dan kurangnya sosialisasi dari Kantor Pelayanan Pajak.

 

     Metode penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta objek penelitian adalah pajak Orang Pribadi dan Badan Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode dokumentasi dengan jenis data sekunder yang berupa data target dan realisasi penerimaan Pajak Orang Pribadi dan Badan yang di peroleh dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Banjarmasin. Teknik analisis data berupa analisis efektivitas dan kontribusi pajak Orang Pribadi dan Badan.

 

          Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerimaan pajak penghasilan orang pribadi di Kota Banjarmasin selama tahun 2019 mengalami fluktuasi dengan rata-rata tingkat efektivitas pajak penghasilan orang pribadi adalah sebesar 50,90% atau tidak efektif dan tingkat efektivitas pajak penghasilan badan 73,56 atau kurang efektif. Sedangkan kontribusi pajak penghasilan orang pribadi dan badan  di Kota Banjarmasin selama tahun 2019 juga berfluktuasi dengan rata-rata kontribusi pajak orang pribadi 2,21% atau masih kurang berkontribusi serta rata-rata kontribusi pajak badan 97,79% atau dengan kategori tinggi.

Kata Kunci: Pajak Orang Pribadi, Pajak Badan, Efektivitas, Kontribusi

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI