DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERISTIWA ALAM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, (IT) NUMBERED HEADS TOGETHER,(NHT) SISWA KELAS V SDN HARIANG KEC. BANUA LAWAS KAB.TABALONG
PENGARANG:MUHAMMAD ABDILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-10


ABSTRAK

Abdillah, Muhammad. 2021 Meningkatkan AktivitasSiswa Materi Peristiwa alam Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Dan Numbered Heads Together (NHT)   Pada Siswa Kelas V SDN Hariang Kec Banua Lawas”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pra Sekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. DosenPembimbing: Dr. Hj. Susilawati, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Daur Air, Peristiwa Alam,Inkuiri Terbimbing,dan Numbered Heads Together (NHT)  .

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa, tidak adanya interaksi antar siswa dan kurangnya fokus siswa dalam pembelajaran pada kegiatan pembelajaran materi Peristiwa alam. Upaya untuk meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran yaitu menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Dan Numbered Heads Together (NHT)  . Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, hasil belajar  siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Hariang Kec Banua Lawastahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa sebanyak 37siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 16 kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan IV menjadi 23 dengan kriteria kriteria “Sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 59% dengan kriteria aktif dan sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai 89% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan I mencapai  60%, dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 89%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Dan Numbered Heads Together (NHT), dan   dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar guna meningkatkan mutu pendidikan disekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI