DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU PPKN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA SISWA DI SMAN 6 BANJARMASIN
PENGARANG:SUKMA HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-11


 

Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Apa saja peran guru PPKn dalam upaya meningkatkan karakter cinta tanah air pada siswa di SMAN 6 Banjarmasin. 2) Bagaimana proses dalam upaya meningkatkan karakter cinta tanah air pada siswa yang diterapkan guru PPKn di SMA Negeri 6 Banjarmasin. 3) Kendala apa saja yang dihadapi guru PPKn dalam upaya meningkatkan karakter cinta tanah air pada siswa di SMA Negeri 6 Banjarmasin.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang penulis ajukan. Metode Penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif analisis, peneliti menggunakan bentuk penelitian deskriptif analisis dengan tujuan untuk mengetahui rasa cinta tanah air pada siswa.

 

Bentuk penelitian deskriptif analisis adalah penelitian dengan memusatkan perhatian kepada masalah-masalah sebagaimana adanya saat penelitian dilaksanakan, hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya.

 

Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan karakter cinta tanah air pada siswa mempunyai peran baik dari keteladanan guru dan memberikan motivasi kepada siswa serta proses dalam pembelajaran PPKn sehingga membuat siswa mudah memahami arti penting dari cinta tanah air serta dapat mewujudkan bentuk karakter cinta tanah air tersebut.

 

Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru pendidikan kewarganegaraan hendaknya lebih memberikan contoh yang nyata kepada siswa tentang sikap yang mencerminkan cinta tanah air, kemudian kepada murid agar dapat lebih bisa mengembangkan karakter cinta tanah air yang dimilikinya, serta peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian mengenai rasa cinta tanah air di lingkungan sekolah dengan baik lagi.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI