DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Model Prediksi Perubahan Anggaran Belanja Daerah pada Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:MOCHAMAD NOVELSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-11


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Varians Pendapatan, Varians Belanja, Kemandirian Keuangan serta Akumulasi Surplus terhadap model prediksi Perubahan Anggaran Belanja Daerah pada kabupaten dan kota di provinsi Kalimantan Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari laporan realisasi anggaran dan anggaran pendapatan belanja daerah.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kabupaten dan kota di provinsi Kalimantan Selatan periode 2015-2019. Jumlah kabupaten dan kota dalam penelitian ini sebanyak 12pemerintah daerah dengan periode pengamatan selama lima tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS Versi 25. 

Hasil pengujian menunjukkan bahwaVarians Pendapatan, Varians Belanja dan Akumulasi Surplusberpengaruh signifikan terhadap Perubahan Anggaran Belanja Daerah, sedangkan variabel Kemandirian Keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap Perubahan Anggaran Belanja Daerah. 

Kata Kunci : Varians Pendapatan, Varians Belanja, Kemandirian Keuangan, Akumulasi Surplus, Perubahan Anggaran Belanja

 

ABSTRACT

The aim of this study was to examine and analyze the effect of Income Variance, Expenditure Variance, Financial Autonomy and Surplus Accumulation on the prediction model of Regional Budget Changes in districts and cities in the province of South Kalimantan. The data used in this study is secondary data derived from reports on budget realization and regional expenditure budgets.

The population used in this study were all districts and cities in the province of South Kalimantan for the 2015-2019 period. The number of districts and cities in this study were 12 local governments with an observation period of five years. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using the SPSS Version 25 program.

The test results show that the Income Variance, Expenditure Variance and Accumulated Surplus have a significant effect on Changes in the Regional Budget, while the Financial Independence variable has no significant effect on Changes in the Regional Budget.

Key words: Budget Changes, Income Variance, Expenditure Variance, Financial Autonomy and Surplus Accumulation.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI