DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEADS TOGETHER DAN SCRAMBLE PADA MUATAN IPS EMA KAYANYA NEGERIKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI
PENGARANG:MUHAMAD ILHAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-11


Studi pendahuluan pada penelitian ini yaitu dua buah hasil penelitian oleh Muhammad fitri yang berjudul “Meningkatkan Aktivitas belajar siswa Muatan IPS Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dikombinasikan dengan Model Number Head Together  dan Scramble di Kelas IV SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin”. Studi penelitian yang kedua yaitu hasil penenlitian dari Dina Desteya Rahmi yang berjudul “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan IPS tema 9 Kayanya Negeriku Menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI) Dikombinasikan dengan Model Number Heads Together  dan Course Rievew Horay Pada Siswa Kelas IV SDN Kupang 1 Kabupaten Tapin”.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam penerapan kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together Dan Scramble. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif komparatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi dokumentasi yang menggunakan bahan analisis berupa skripsi PTK oleh Muhammad fitri dan Dina Desteya.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together Dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kedua buah skripsi. Pada skripsi 1 aktivitas guru dan mendapatkan skor maksimal 98 pada siklus III dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan klasikal maksimal 93% pada siklus III dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa mendapatkan klasikal maksimal 95% pada siklus III dengan kriteria sangat baik. Pada skripsi 2 aktivitas guru mendapatkan skor maksimal 97 pada siklus IV dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan klasikal maksimal 85% pada siklus IV dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa mendapatkan klasikal maksimal 93% pada siklus IV dengan kriteria sangat baik. 

Dengan demikian berdasarkan temuan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa aktivitas guru skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 2. Aktivitas siswa skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 2. Hasil belajar ranah kognitif skripsi 1 lebih baik dibanding skripsi 2

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI